Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
ANALISIS PROSES BERPIKIR RELASIONAL SISWA KELAS VIII SMP YANG MEMILIKI EFIKASI DIRI TINGGI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR
Didik Hermanto

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Matematika merupakan ilmu yang selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hodojo (1988) mengatakan bahwa matematika merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat khas kalau dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain. Dalam pendidikan matematika terutama bagi siswa SMP, masalah aljabar merupakan masalah yang relatif baru dikenal, di mana siswa mulai diperkenalkan dengan beberapa variabel. Terkait dengan penyelesaian masalah matematika, proses berpikir siswa memiliki peran sangat penting ketika seorang siswa menghadapi suatu permasalahan. Berpikir merupakan aktivitas kognitif yang terjadi di dalam mental atau pikiran seseorang (Solso, 1995). Proses berpikir siswa dapat dipengaruhi oleh sikap siswa, misalnya kecemasan dan efikasi diri. Kecemasan yang berlebih akan berdampak pada kinerja seseorang. Efikasi diri sebagai suatu keyakinan seseorang akan kemampuannya untuk melakukan tindakan-tindakan pada berbagai situasi (Bandura, 1997), akan sangat mempengaruhi proses berpikirnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis proses berpikir relasional siswa dalam  menyelesaikan masalah aljabar. Dengan demikian, penelitian ini merupakan jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah model alir Miles & Huberman (1992). Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa subjek merelasikan bilangan-bilangan dengan informasi yang ada pada soal untuk memahami apa yang diketahui dan merelasikan antara simbol, bilangan dan informasi pada soal untuk dapat memahami apa yang ditanya. Subjek telah membangun hubungan antara bilangan dan sombol relasi untuk menjawab pertanyaan pertama dan subjek mengkaitkan penggunaan simbol dengan pengetahuan yang sudah dimiliki (simbol operasi hitung dan simbol relasi) untuk menjawab pertanyaan ke dua dan ke Sedangkan berdasarkan pengelompokan berpikir relasional seperti yang dikemukakan oleh Stephens dan Wang (2008), subjek dengan efikasi diri tersebut termasuk dalam kelompok berpikir relasional mapan (Established Relational Thinking).

Kata Kunci: Berpikir, masalah aljabar, efikasi diri.

 

Abstract

Mathematics constitutes a discipline which invariably applied in daily life. Hodojo (1988) stated that Mathematics has distinctive properties compared to other disciplines. In Mathematics education, especially for junior high school, algebra problem is something new, in which students are introduced to several variables. In math   problems solving, students' thinking process have a very important role when a student solving a problem. Thinking is a cognitive activity that occurs inside a person's mental or mind (Solso, 1995). Students' thinking process can be influenced by students' attitude, such as anxiety and self-efficacy. Excessive anxiety will have an impact on a person's performance. Self-efficacy as a person's belief in his ability to perform actions in various situations (Bandura, 1997), will greatly influence the thinking process. This study aims to analyze the process of students' relational thinking in solving algebra problems. Therefore, this study is an exploratory research with a qualitative approach. In this study, flow model of Miles & Huberman (1992) was used as the data analysis technique. The results of this study concluded that the subject related the numbers with information in the exercise to understand what had known and related between symbol, numbers, and relation symbol to understand what had questioned. Subject has been building relationship between numbers and relation symbol to answer the first question and the subject related the use of the symbol with their prior knowledge (symbol, arithmetic operations and relation symbol) to answer questions two and three. On the other hand, based on relational thinking grouping as proposed by Stephens and Wang (2008), subjects with high self-efficacy are included in a group of Established Relational Thinking.

Keywords: Thinking, algebra problems, self-efficacy.



Full Text: PDF