Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Itok Fauzi

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

 

Masih banyak pendidik yang belum memaksimalkan penggunaan media atau teknologi yang ada, maka  penggunaan dari media atau teknologi tersebut dalam pembelajaran belum dapat maksimal dan berguna sesuai dengan kecanggihan dari teknologi tersebut dan tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil validasi media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil perhitungan setelah dilakukannya penelitian pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik berbasis android lebih baik. Maka penggunaan media pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah ini dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran dan baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Pendekatan Realistik, Android, Pemecahan Masalah.

Abstract


There are still many educators who do not maximize the use of existing media or technology, then the use of these technologies in the media or learning cannot be maximized and useful in accordance with the sophistication of the technology and the purpose of learning itself. The purpose of the research is to make math learning media with a realistic approach based on Android to enhance the problem solving. Based on the results of the validation study media, it is feasible to use in learning. From the calculation results after doing research learning by using instructional media of mathematics with a realistic approach based on android better. Then the media usage study of mathematics by realistic approach based on Android to enhance the problem solving, it is feasible to use in both learning and to improve student learning outcomes.

Keywords: Media Education, Realistic Approach, Android, Troubleshooting.


Full Text: PDF