Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional KeIndonesiaan II Tahun 2017

Font Size: 
KEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE TEA PARTY BERBANTU MEDIA CAPER TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 01 MOROREJO KENDAL
Priscillia Putri Aringgit, Khusnul Fajriyah, Intan Rahmawati

Last modified: 2017-05-31

Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan telah menimbulkan keprihatinan bagi para guru. Oleh karena itu diperlukan solusi dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan model cooperative learning type tea party berbantu media CAPER pada materi kebebasan berorganisasi kelas V SDN 01 Mororejo Kendal dilihat pada ketuntasan belajar, dan hasil belajar. Jenis penelitian adalah kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan One Group Prestest Posttest Design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis tes hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa hasil rata-rata pretest 39,8 dengan ketuntasan 0%. Sedangkan rata-rata posttest 81,4 dengan ketuntasan 82%. Dan hasil uji t yang diperoleh hasil thitung = 7,942 > ttabel = 2,120. Jadi dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning type tea party berbantu media CAPER (Catur Pertanyaan) efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Mororejo Kendal.

Kata Kunci : Model Cooperative Learning Type Tea Party, Media CAPER, Hasil Belajar

Full Text: PDF