Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional KeIndonesiaan II Tahun 2017

Font Size: 
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SOFT-SKILLS SEBAGAI WACANA PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Noor Miyono

Last modified: 2017-05-31

Abstract


Pembentukan soft skills peserta didik merupakan keterampilan yang perlu mendapatkan perhatian serius dalam lembaga pendidikan. Soft skills peserta didik dapat dibentuk melalui berbagai pendekatan, baik dalam pembelajaran di kelas maupun luar kelas. Keragaman latar belakang peserta didik pada suatu sekolah dapat dijadikan bahan utama dalam membentuk soft skills peserta didik. Pentingnya soft skills dalam mencetak lulusan lembaga pendidikan sebenarnya sudah disadari oleh kalangan pendidik, namun pada praktek pembelajaran belum dikembangkan secara maksimal melalui berbagai metode pembelajaran yang dilakukan pendidik. Implementasi soft skills pada peserta didik, faktor yang sangat berpengaruh adalah pendidik. Dalam proses pembelajaran soft skills merupakan bagian dari hidden curriculum yang harus diimplementasikan dalam setiap kegiatan belajar mengajar.

Soft skills sangat penting untuk dimiliki setiap peserta didik, karena nantinya mereka akan berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat luas setelah menamatkan studinya. Apabila peserta didik mempunyai soft skills yang baik maka dia akan dapat membawa diri dengan baik dalam pergaulannya, dalam berfikir, bertindak dan mengambil keputusan. Suksesnya proses interakasi dan adaptasi dengan lingkungan akan menunjang kesuksesan dan prestasi peserta didik.

Kata kunci: soft skills, model pembelajaran, peserta didik.


Full Text: PDF