Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional KeIndonesiaan II Tahun 2017

Font Size: 
TUJUAN PEMBELAJARAN MENGELOLA KOPERASI
David Firna Setiawan

Last modified: 2017-05-31

Abstract


Salah satu kompetensi bidang ekonomi untuk kelompok peminatan Ilmu-ilmu sosial pada tingkat pendidikan menengah SMA/MA/SMALB/Paket C dalam lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah adalah pengelolaan koperasi. Dalam taksonomi Bloom pada ranah kognitif kompetensi tersebut masuk pada tingkat berpikir applaying (penerapan). Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pendekatan scientific learning melalui aktivitas 5M yaitu (1) mengamati, (2) menanya, (3) mengeksplorasi, (4) menalar dan (5) mengkomunikasikan dapat digunakan untuk menunjukkan kompetensi yang baik dilihat dari kompetensi pengetahuan, sosial dan spiritual. Namun demikian, kesimpulan tersebut baru dilihat berdasarkan hasil ulangan harian siswa sedangkan proses perumusan tujuan pembelajaran belum dijelaskan. Tujuan penulisan artike ini adalah ingin menjelaskan penulisan tujuan pembelajaran berdasarkan komponen penyusunnya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa penulisan tujuan pembelajaran dapat dilakukan melalui tiga prosedur yaitu menulikan (1) kondisi, (2) performance (kinerja yang mampu ditunjukkan) serta (3) kriteria.

 

Kata Kunci : tujuan pembelajaran, pengelolaan koperasi


Full Text: PDF