Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2012

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BERITA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS
Iin Purnamasari, Djariyo Djariyo, Riana Martin

Last modified: 2013-10-18

Abstract


Penelitian dengan judul “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Berita Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS” mempunyai tujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis berita  pada mata kuliah Konsep Dasar IPS bagi mahasiswa PGSD dan mengetahui kendala dalam pengembangan model pembelajaran berbasis berita pada mata kuliah Konsep Dasar IPS. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode Research and Development (R&D), yang menghasilkan produk berupa suplemen bahan ajar tentang pembelajaran berbasis berita pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. Fokus dari penelitian ini adalah merancang dan menyusun suplemen sebagai salah satu pendukung bahan ajar dalam mata kuliah Konsep Dasar IPS berbasis berita bagi mahasiswa PGSD. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah metode pengembangan model pembelajaran berbasis berita pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dapat membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan pendapat, keinginan mahasiswa mengakses berita terkini dan keseriusan mengerjakan tugas, pemanfaatan media massa (surat kabar, televisi, rekaman berita dan internet) sebagai media pembelajaran bisa dijadikan sebagai bahan ajar yang menyenangkan, pengembangan model pembelajaran dengan menggunakan rekaman berita dan suplemen dapat memberikan kontribusi dalam melengkapi perkuliahan.

Kata Kunci: model pembelajaran, berita, IPS


Full Text: PDF