Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2012

Font Size: 
Pengembangan Model Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Keanekaragaman Hayati
Fenny Roshayanti, Sumarno Sumarno, M. Syaipul Hayat

Last modified: 2013-10-10

Abstract


Penelitian pengembangan model media membelajaran video interaktif  untuk meningkatkan penguasaan konsep keanekaragaman hayati dilaksanakan untuk mengembangkan model media pembelajaran video interaktif yang sesuai dengan tugas-tugas instruksional dalam pembelajaran biologi dan mengetahui efektifitas model media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada mata pelajaran biologi.

Hasil penelitian pengembangan model media pembelajaran video interaktif  untuk meningkatkan penguasaan konsep keanekaragaman hayati menunjukkan bahwa video interaktif yang dikembangkan memiliki karakteristik telah memenuhi aspek-aspek kualitas materi dan isi, kualitas teknis audio visual serta kualitas instruksional yang mengacu pada eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dengan nilai validitas Va ≥ 3 yang berarti baik. Hasil pengujian menunjukkan harga t =  0.014  < 2.00 yang berarti bahwa karakteristik video interaktif sama dengan media audio visual lainya sebagai media pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar.

 

Kata Kunci    : video interaktif; media pembelajaran; penguasaan konsep

Full Text: PDF