Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
METODE DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA GAMBAR DAN BENDA KONKRET PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD NEGERI 2 SEMBONGIN BLORA
Angga Arfianto, Fajar Cahyadi

Last modified: 2018-07-24

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan metode demonstrasi dengan media gambar dan benda konkret terhadap hasil belajar siswa materi pengukuran panjang kelas 1 SD Negeri 2 Sembongin Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas I  SD Negeri 2 Sembongin Blora tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil pretest menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar klasikal hanya 25%, sedangkan hasil posttest prosentase ketuntasan belajar klasikal 100%. Dan ketika dilakukan uji t didapat hasil thitung (8,488) > ttabel (1,72), yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi berarti rata-rata nilai siswa sebelum menggunakan metode demonstrasi berbantu media gambar dan benda konkret lebih besar rata-rata nilai siswa setelah menggunakan metode demonstrasi berbantu media gambar dan benda konkret. Maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berbantu media gambar dan benda konkret efektif terhadap hasil belajar matematika materi pengukuran panjang kelas I SD Negeri 2 Sembongin Blora.

Kata kunci : Metode demonstrasi, media gambar dan benda konkret.

The purpose of this research to test the effectiveness of Demonstration methode  helped by media picture and concrete objects to the students learning outcomes mathematic length measurement material class 1st SD Negeri 2 Sembongin Blora.  This type of research is quantitative research in the form of Pre Experimental Design with the form of One Group Pretest-Posttest Design. Population and sample of this research is student of class I SD Negeri 2 Sembongin Blora academic year 2017/2018 which amounted to 20 student. The research method used is the experimental method. Data in this study obtained through tests, documentation and interviews. The pretest result shows that the percentage of mastery learning classical is only 25%, while the result of posttest of 100% completeness percentage of classical learning. And when done t test obtained tcount (8,488)> ttable (1.72), which means H0 rejected and Ha¬ be accepted. So it means the mean score of the students before using the method of demonstration assisted media images and concrete objects greater average student score after using the method of assisted demonstration media images and concrete objects. So it can be concluded that the method of demonstration aided media images and concrete objects effective against the results of learning mathematics material length class I SD Negeri 2 Sembongin Blora.

Keywords: learning methode Demonstration, media picture and real,

Full Text: 572-580