Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DI KKG PATTIMURA KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG
Mufidah Mufidah

Last modified: 2018-07-24

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran dilaksanakan di KKG Pattimura Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Permasalahan dalam penelitian yaitu”Model pembelajaran apakah yang sering digunakan di KKG Pattimura Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang?, Model pembelajaran apakah yang paling banyak digunakan di KKG Pattimura Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang?, Bagaimanakah peta penggunaan model pembelajaran di KKG Pattimura Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang?”. Tujuan yang akan hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran di KKG Pattimura Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang dan mengetahui peta penggunaan model pembelajaran di KKG Pattimura Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif dan persentase, subjek dalam penelitian yaitu guru kelas III dan IV di KKG Pattimura kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, yaitu guru SD N 01 Jatingarang, SD N 02 Jatingarang dan SD N 03 Jatingarang. Data dalam penelitian yaitu semua instrumen terkait tentang penggunaan model pembelajaran di KKG Pattimura Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Sumber data diperoleh melalui angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan data dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, tringulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Sedangkan teknik analisis data melalui  reduksi data penyaian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang sering digunakan KKG Pattimura Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang yaitu antara lain : Model kontekstual, model pembelajaran berbasis masalah, dan Model pembelajaran langsung (Direct Learning). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis angket dimana model pembelajaran kontekstual diterapkan oleh 4 dari 6 guru di KKG Pattimura sehingga persentasenya adalah 67%, sedangkan model pembelajaran berbasis masalah diterapkan oleh 3 dari 6 guru di KKG Pattimura sehingga persentasenya adalah 50%, dan Model pembelajaran Direct Learning diterapkan oleh 4 dari 6 guru di KKG Pattimura sehingga persentasenya adalah 67%. Adapun model pembelajaran yang banyak digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif, hal itu dibuktikan dengan hasil analisis angket dimana dari 5 guru menggunakan model pembelajaran tersebut pada saat pembelajaran dengan skor 83%. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah bagi guru hendaklah memperhatikan penggunaan model pembelajaran secara bervariasi karena ada banyak model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dan selain itu dengan model pembelajaran menjadikan siswa belajar secara aktif dan efisien.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Penggunaan Model Pembelajaran, Kelompok Kerja Guru

This research is based on the use of learning model implemented in KKG Pattomura Bodeh. District Pemalang Regency. The problem in the study is "What learning model is often used in the KKG Pattimura District Bodeh Pemalang District ?, What learning model is the most widely used in the KKG Pattimura District Bodeh Pemalang Regency ?, How to map the use of learning models in KKG Pattimura District Bodeh Pemalang Regency?. The aim to be achieved in this research is to describe the use of learning model in KKG Pattimura Bodeh District Pemalang Regency and know the map of the use of learning models in KKG Ppattimura Bodeh District Pemalang District. The method of this research is qualitative research using descriptive and percentage approach, the subjects in research are class III and IV teachers in KKG  Pattimura Bodeh Subdistrict Pemalang District, namely elementary school teacher N 01 Jatingarang, SD N 02 Jatingarang and  SD N 03 Jatingarang. Data in the study are all related instruments about the use of learning models in KKG Pattimura Bodeh District Pemalang District. Source of data obtained through questionnaire, observation, interview, and documentation. Checking data by extension of observation, increasing perseverance, Triangulation and discussion with peers. While data analysis techniques through data reduction data, and verification / conclusion. The results of this study indicate that the learning model is often used KKG Pattimura Bodeh District Pemalang District, among others: Contextual model, problem-based learning model, and Direct Learning Model. This is evidenced by the results of questionnaire analysis in which contextual learning model is applied by 4 out of 6 teachers in KKG Pattimura so that the percentage is 67%, while the problem-based learning model is applied by 3 of 6 teachers in Pattimura  KKG so the percentage is 50%, and Direct learning model Learning is applied by 4 out of 6 teachers in Pattimura KKG so the percentage is 67%. The learning model that is widely used is cooperative learning model, it is proved by the results of questionnaire analysis where from 5 teachers using the learning model at the time of learning with a score of 83%. Based on this research, the suggestion that can be submitted is for the teacher should pay attention to the use of varied learning model because there are many models of learning that can increase student learning interest. And besides with the model of learning to make students learn actively and efficiently.

Keywoards: Learning Model, Use of Learning Model, Teacher Working Group


Full Text: 553-563