Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTU MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS VSD NEGERI SIDOKERTO 02 PATI
Anggun Kurniawati

Last modified: 2018-07-24

Abstract


Keefektifan Model Think TalkWrite(TTW) Berbantu Media Komik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Pada Siswa Kelas V SD NEGERI SIDOKERTO 02 PATI, Skripsi,  Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Purwadi, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. Maret. 2018. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V SD Negeri Sidokerto 02 yaitu Bu Mulflikatun, S. Pd, hasil dari rata-rata nilai ulangan harian siswa tahun lalu (2016/2017) yaitu 57,33. Guru juga menjelaskan bahwa pada saat mengatasi kesulitan belajar siswa, hanya mengulang materi yang pernah diajarkan dan yang belum dikuasi siswa saja. Dengan metode tersebut ternyata hasil belajar siswa kurang memuaskan yaitu masih berada di bawah KKM (75). Sehingga peneliti mencoba menerapkan model dan media yang berbeda, dengan harapan ada perubahan hasil belajar yang meningkat dalam penggunaan media dan model tersebut. Model yang akan digunakan dalam penelitian tersebut adalah model kooperatiftipe think talk write yang berbantu media komik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model think talk write berbantu media komik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan pada siswa kelas V SD NEGERI SIDOKERTO 02 Pati. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN Sidokerto 02 Pati tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 29 siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis akhir yang telah dilakukan terlihat dari nilai posttes yang menunjukan pembelajaran dengan model think talk write berbantu media komik lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa  thitung > ttabel  yaitu 7,252 > 1,684 dengan db N-1=29-1=28, dan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel=1,684 karena thitung>ttabel maka  H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa efektif penerapan model pembelajaran think talk write berbantu mediakomik dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan pada siswa kelas V SD Negeri Sidokerto 02 Pati.

Kata kunci : keefektifan model pembelajaran TTW

Effectiveness of Think TalkWrite (TTW) Model Assisted by Comic Media in Learning Indonesian Writing Material Writing In Students of Grade V SD NEGERI SIDOKERTO 02 PATI, Thesis, Teacher Education Study Program Elementary School PGRI University of Semarang. Supervisor I Purwadi, S.Pd., M.Pd. Supervisor II Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. March. 2018. The encouraging background of this research is the low learning outcomes of Bahasa Indonesia. Based on interviews with grade V teacher SD Negeri Sidokerto 02, Mrs. Mulflikatun, S. Pd, the result of the average daily test score of students last year (2016/2017) was 57.33. Teacher also explained that when overcoming student's learning difficulties, just repeat the material that has been taught and that has not been dikuasi students only. With these methods, the students' learning outcomes are less satisfactory, which is still under KKM (75). So researchers try to apply different models and media, in the hope that there is a change in learning outcomes that increase in the use of media and the model. The model to be used in the research is a cooperative model of talk talk write type that helps comic media. The problem in this research is to know the effectiveness of think talk write model assisted comics media in learning Indonesian material writing essay on grade V SD SDNEGERI SIDOKERTO 02 Pati. The type of this research is experiment using Pre Experimental Design which used is One Group Pretest-Posttest Design. The study population was all students of SDN Sidokerto 02 Pati in academic year 2016/2017. The sample taken is 29 students of class V. Data in this study obtained through observation, interviews, tests, and documentation. Based on the final analysis that has been done visible from the value of posttes that show the learning with the model think talk write assisted comic media better than using conventional learning. This is reinforced by the result of the final analysis which has been done by using t test shows that thitung> ttable is 7,252> 1,684 with db N-1 = 29-1 = 28, and significant level 5% obtained ttabel = 1,684 because tcount> ttable then H0 rejected and Ha accepted so that it can be concluded that the effective application of the learning model think talk write mediakomik help in learning Indonesian writing material essay on grade V students SD Negeri Sidokerto 02 Pati.

Keywords: effectiveness of TTW learning model.


Full Text: 513-530