Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 RAJEKWESI KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA
Dya Setyani

Last modified: 2018-07-24

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar Matematika siswa yang rata-rata mendapat nilai 65, dan siswa juga kesulitan dalam memahami pelajaran Matematika yang didapatnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan pemahaman konsep matematika pada pembelajaran menggunakan media papan rapusa terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Rajekwesi kabupaten Jepara? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemahaman konsep matematika pada pembelajaran menggunakan media papan rapusa terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Rajekwesi kabupaten Jepara, khususnya pada materi operasi hitung bilangan sampai tiga angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain Pre Experimental Design dengan bentuk OneShot Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Rajekwesi kabupaten Jepara yang berjumlah 22 siswa dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi sederhana nilai a (α) adalah 17,540 dan b (β) adalah 0,785, maka diperoleh persamaan regresi dengan hasil  ̂ = 17,540+0,785X. Selanjutnya hasil penelitian pada uji keberartian regresi menggunakan tabel Analisis Of Varians adalah        = 211,843 dan       = 4,35 maka    ditolak. Berdasarkan uji regresi sederhana dan uji keberartian regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Rajekwesi Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara.

Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Hasil Belajar, Operasi Hitung Bilangan Sampai Tiga angka, Analisis Regresi, Analisis Of Varians

Background that encourages this research is the result of learning Mathematics students who average score of 65, and students also difficulties in understanding the lesson learned Mathematics. Problems in this research is whether there is a significant influence understanding of mathematical concepts on learning using media board rapusa on student learning outcomes class III SDN 1 Rajekwesi district Jepara? The purpose of this research is to know the influence of understanding the concept of mathematics on learning using media of rapusa board to the result of student learning class III SDN 1 Rajekwesi district Jepara, specially on material of operation count number to three number. This type of research is quantitative research using Pre Experimental Design design with One-Shot Case Study form. The population of this study is all students of class III SDN 1 Rajekwesi Jepara district, amounting to 22 students by using the technique of non-probability sampling with the type of saturated sampling. The data in this study were collected through interviews, tests, and documentation. Result of research based on simple regression test of a (α) value is 17,540 and b (β) is 0,785, hence obtained regression equation with result Y = 17,540 + 0,785X. Furthermore, the results of research on regression significance test using Analysis of Variance table is F-hitung= 211,843 and F-table= 4.35 then Ho rejected. Based on simple regression test and significance test of regression can be concluded that there is influence of understanding of mathematics concept to result of student learning class III SDN 1 Rajekwesi Subdistrict Mayong Regency of Jepara.

Keywords: Understanding Mathematical Concepts, Learning Outcomes, Operations Compute Numbers Up to Three numbers, Regression Analysis, Analysis Of Variance


Full Text: 463-471