Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBASIS MEDIA FLIPCHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA KELAS IV SD NEGERI SENDANGMULYO 02 SEMARANG
Lastri Anawati, Djoko Purnomo, Fine Reffiane

Last modified: 2018-07-24

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan karena dalam pembelajaran tematik yang dilakukan oleh guru hanya menggunakan metode ceramah, belum menggunakan metode maupun media yang pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan dan memancing aktivitas siswa. Sehingga siswa sulit memahami materi yang telah disampaikan guru dan siswa cenderung pasif atau kurang aktif bergerak. Faktor lain yang melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian yaitu nila pada pembelajaran tematik siswa rendah yaitu hanya 37,5% siswa yang tuntas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode Index Card Match berbasis media Flipchart terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari aktivitas siswa kelas IV SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang.  Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini yang digunakan pada jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperimental Design. Bentuk desain eksperimen ini merupakan pengenmbangan dari True Eksperimen Design dengan populasi seluruh siswa kelas IV-A di SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang tahun ajaran 2017/2018 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa. Dan peneliti menggunakan nilai (ujian Akhir Semester) sebagai analisis data awal. Dalam data penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, tes dan angket.  Hasil data dalam penelitian ini deperoleh melalui tes, dokumentasi ,observasi dan angket. Hasil analisis uji-t diperoleh -ttabel<thitung< ttabel yaitu -2,024 < 3,728771 > 2,024 H0 ditolak dan Ha diterima. Maka ada perbedaan prestasi hasil belajar antara siswa yang aktivitasnya tinggi dengan siswa yang aktivitasnya rendah pada pembelajaran tematik khususnya pada tema 6 subtema 1 kelas IV SD N Sendangmulyo 02 Semarang. Dan hasil dari uji kolerasi antara persepsi siswa dengan aktivitas belajar siswa diperoleh rhitung =0,677975713dengan rtabel = 0,361 dengan n = 32 dan α = 0,05, maka diperolehrhitung > rtabel = 0,677975713 > 0,361. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima jadi dapat disimpulkan bahwa Ada kolerasi antara persepsi siswa pada metode Index Card Match dengan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik khususnya pada tema 6 subtema 1 kelas IV SDN Sendangmulyo 02 Semarang.

Kata kunci: Pembelajaran Tematik, metode Index Card Match, media flipchart

The background that encourages this research is the low achievement of students is caused by the thematic teaching done by the teacher only using the lecture method, not yet using the method or the learning media in accordance with the material presented and fishing student activity. So that students are difficult to understand the material that has been submitted by teachers and students tend to be passive or less actively moving. Another factor behind the researcher conducting research is nila on low thematic students learning that only 37.5% of students who complete. Problems in this research is whether the use of Index Card Match method based on Flipchart media on student achievement in terms of the activity of fourth grade students of SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang. This research is using experimental method. The design of this research used in this research type is Quasi Exsperimental Design. This experimental design form is the development of True Experimental Design with the population of all students of grade IV-A at SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang academic year 2017/2018 as an experimental class of 32 students. And the researcher uses the value (final test of Semester) as the initial data analysis. In this research data obtained through observation, documentation, test and questionnaire. The results of the data in this study were obtained through tests, documentation, observation and questionnaires. The result of t-test analysis obtained -ttable <t count <ttabel is -2.024 <3.728771> 2.024 H0 rejected and Ha accepted. So there are differences in achievement of learning outcomes between students with high activity with low activity students on thematic learning especially on the theme of 6 subtema 1 class IV SD N Sendangmulyo 02 Semarang. And result of colleration test between student perception with student learning activity obtained rhitung = 0,677975713 with rtabel = 0,361 with n = 32 and α = 0,05, then obtainedrhitung> rtabel = 0,677975713> 0,361. Thus H0 rejected and Ha accepted so it can be concluded that there is a correlation between student perceptions on the method of Index Card Match with student learning activities on thematic learning especially on the theme of 6 subtema 1 class IV SDN Sendangmulyo 02 Semarang.

Keywords: Thematic Learning, Index Card Match method, flipchart media.


Full Text: 454-462