Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD
Tiara Irnawawati

Last modified: 2018-07-24

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses penyampaian pembelajaran yang belum menggunakan media sehingga siswa kurang tertarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interatif berbasis model time token pada mata pelajaran IPS kelas III SD Negeri Sambiroto 1 dan SD Negeri Kedungsari 01. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III 2 SD yang berbeda namun dalamĀ  ruang lingkup Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati sebagai uji coba produk dengan jumlah responden 18 siswa SDN Sambiroto 01 dan 28 siswa SDN Kedungsari 01. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Borg and Gall yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan multimedia interaktif mata pelajaran IPS kelas III Sekolah Dasar. Media dikatakan layak sesuai dengan hasil persentase skor 91% dengan kriteria baik sekali dan hasil angket respon siswa mendapatkan persentase skor total sebesar 98% dengan kriteria baik sekali. Saran dari peneliti adalah supaya multimedia interaktif dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa agar meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif

This research is based on the process of delivering lessons that have not used the media so that students are less interested, during breaks the students play running so that when the learning starts the power of concentration of students only lasted briefly. The purpose of this research is to develop the interactive multimedia based on time token model on the subjects of IPS class III SD Negeri Sambiroto 1 and SD Negeri Kedungsari 01. This research was conducted in class III in 2 different elementary schools in the scope of Tayu subdistrict, Pati Regency as a test try the product with the number of respondents 18 students SDN Sambiroto 01 and 28 students SDN Kedungsari 01. This research uses Borg and Gall research methodology used to produce a specific product and test the feasibility of developed products. The conclusion of this research is the result of interactive multimedia IPS class III elementary school. Media is said to be appropriate in accordance with the percentage score of 91% with excellent criteria and the result of questionnaire responses students get a percentage total score of 98% with criteria very good. Suggestions from the researchers is that interactive multimedia can be used to improve student activeness in order to improve student learning outcome

Keyword : Development, interactive multimedia


Full Text: 444-453