Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA WAYANG BERBANTU MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENDENGARKAN SISWA KELAS III SDN PLEBURAN 01 SEMARANG
Retno Cahyo Dwi Prihatin, Dwi Prasetiyawati Diyah Dewi, Mei Fita Asri Untari

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media wayang berbantu model cooperative learning tipe role playing terhadap kemampuan mendengarkan siswa kelas III SDN Pleburan 01 Semarang. Jenis motode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Pleburan 01 Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas III SDN Pleburan 01 Semarang yang berjumlah 28 siswa dengan menggunakan teknik Non-Probability  Sampling dengan teknik sampling jenuh. Hasil belajar yang di dapat siswa sebelum pemberian perlakuan pada nilai pretest menunjukkan rata-rata sebesar 62,828 sedangkan hasil belajar siswa sesudah diberi perlakukan pada nilai posttest menunjukkan rata-rata sebesar 75,917. Berdasarkan Uji-t diperoleh         113,64 sedangkan        dengan (db= N-1= 28-1=27) dan taraf signifikan 0,05 diperoleh 1,70. Karena         >        atau 113,64 > 1,70, maka    ditolak dan    diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media wayang berbantu model cooperative learning tipe role playing efektif terhadap kemampuan mendengarkan siswa kelas III SDN Pleburan 01 Semarang.

Kata Kunci: Kemampuan mendengarkan, Media wayang berbantu model cooperative learning tipe role playing, Keefektifan

This study aims to  determine the effectiveness of wayang media assisted model of cooperative learning type role playing on the to listen to grade III students SDN Pleburan 01 Semarang. This type of research method is quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with the form of One Group Pretes-Posttest Design. The population of this study is all students of grade III SDN Pleburan 01 Semarang academic year 2017/2018. Samples taken were all students of grade III SDN Pleburan Semarang which amounted to 28 students by using Non-Probability Sampling technique with saturated sampling technique. The learning outcomes obtained by the students before the treatment on pretest value showed an average of 62,828 whereas the students‟ learning outcomes afrer being treated on the posttest score showed an average of 75,917. Based on T-tes obtained         113,64 while        with (db=N-1=28-1=27) and a significant level of 0,05obtained 1,70. Because         >        or 113,64 > 1,70 then    is rejected anf    accepted. So, it can be concluded that wayang media assisted model cooperative learning type of effective role playing on the ability to listen to students of grade  III SDN Pleburan 01 Semarang.

Keywords: Listening capability, Media puppet assisted cooperative learning model of role playing type, Effectiveness.


Full Text: 437-443