Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SEKARJALAK 01 PATI
Diah Sri Utami, Mei Fita Asri Untari, Ahmad Nashir Tsalatsa

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Keefektifan Metode Pembelajaran Everyone Is Teacher Here terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Sekarjalak 01 Pati. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UNIVERSITAS PGRI Semarang. 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA terdapat 50% masih di bawah KKM. Hal ini dikarenakan siswa merasa pembelajaran IPA banyak yang harus dipahami dan membosankan sehingga siswa kurang berminat untuk menyimak pelajaran IPA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat keefektifan penggunaan metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar IPA. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Sekarjalak 01 Pati. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sekarjalak 01 Pati tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 22 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Desain penelitian menggunakan True Experimental Design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil thitung sebesar 3,8217 dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 5% dan dk = 42 maka diperoleh ttabel sebesar 2,0189 jadi nilai thitung> ttabel. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sekarjalak 01 Pati. Peningkatan rata-rata hasil belajar dari hasil posttest kelas kontrol sebesar 68,863 dengan hasil posttest kelas eksperimen sebesar 78,181. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya dalam pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan mampu memperbaiki hasil belajar siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Kata Kunci : Everyone Is Teacher Here, Hasil Belajar

The Effectiveness of Learning Method Everyone Is Teacher Here on the Learning Results of IPA Class V SDN Sekarjalak 01 Pati. Essay. Teacher Education Study Program Elementary School Faculty of Education Science UNIVERSITAS PGRI Semarang. UNIVERSITAS PGRI Semarang. 2018. This research background of student learning outcomes in science learning there are 50% still under KKM. This is because students feel that many science lessons must be understood and boring so that students are less interested to listen to science lessons. The problem in this research is whether there is effectiveness of using Everyone Is Teacher Here learning method toward science learning result. The purpose of this research is to know the effectiveness of learning method Everyone Is Teacher Here to the results of students learning class V SDN Sekarjalak 01 Pati. This type of research is quantitative. The population in this study were the students of grade V SDN Sekarjalak 01 Pati in the academic year 2017/2018. The samples taken were 22 VA class students and 22 students of VB class by using saturated sampling technique. Design research using True Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group Design type. The result of analysis by using t test is obtained tcount of 3,8217 and the coefficient is significant at 5% level and dk = 42 then obtained ttable of 2.0189 so tcount> ttable. Therefore it can be concluded that the method of learning Everyone Is Teacher Here effective against the results of science learning class V SDN Sekarjalak 01 Pati. The average increase of learning outcomes from posttest result of control class is 68,863 with posttest result of experiment class is 78,181. Suggestions that researchers can convey should in teacher learning using the method of learning Everyone Is Teacher Here because it can improve science learning outcomes and able to improve student learning outcomes for learning objectives can be achieved optimally.

Keywords: Everyone Is Teacher Here, Learning Outcomes


Full Text: 429-436