Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENERAPAN MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 KALIWUNGU KUDUS
Wiryo Hadi Gusti Prabowo

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Rendahnya kemampuan belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliwungu Kudus dalam menangkap dan memahami materi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tujuan dalam penelitian ini adalah  meningkatkan kreatifitas guru dalam mengembangkan media, meningkatkan aktifitas belajar siswa, dan meningkatkan kemampuan belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan melalui tiga siklus, dimana masing-masing siklus melakukan tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Hasil analisis aktifitas siswa pada tindakan siklus I diperoleh hasil 83,3% dengan kriteria baik, analisis aktifitas siswa pada siklus II mengalami penurunan dimana diperoleh hasil 80% dengan kriteria baik, sedangkan hasil analisis aktifitas siswa pada siklus III diperoleh hasil 83,3% dengan kriteria baik. Dari analisis data penelitian dengan judul Penerapan Mind Mapping sebagai Media dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Kaliwungu Kudus dapat meningkatkan kemampuan belajar serta aktifitas siswa dalam pembelajaran.   Kata kunci: Mind Mapping, Kemampuan belajar, Siswa   Abstract: he low learning ability of fourth graders of SD Negeri 4 Kaliwungu Kudus in capturing and understanding the subject matter of Natural Science (IPA). The purpose of this research is to increase the creativity of teachers in developing media, improve student learning activities, and improve students' learning ability. This Research Type is Classroom Action Research (PTK). This research is conducted through three cycles, where each cycle performs planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this research is the fourth grade students. The result of student activity analysis on the action of cycle I obtained result of 83,3% with good criterion, student activity analysis on cycle II have decrease where obtained by result 80% with good criterion, while result of student activity analysis on cycle III obtained result 83,3% good criteria. From the analysis of research data with title Applying Mind Mapping as Media in Improving Science Learning Ability in 4th Grade Students of SD Negeri 4 Kaliwungu Kudus can improve learning ability and student activity in learning.

Keywords: Mind Mapping, Learning ability, Student


Full Text: 402-408