Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI SONEYAN 01 MARGOYOSO PATI
Kiky Setya Putri

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Soneyan 01. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas II SD Negeri Soneyan 01. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain yang digunakan dalam penelitian ini  adalah Pre-Experimental Design. Berdasarkan hasil oleh data peneliti, pada SD Negeri Soneyan 01 Margayoso Pati kelas II  metode jarimatika berpengaruh positif dan signifikan, hal tersebut biasa dilihat dari hasil nilai postest siswa yang nilai rata-ratanya 57,17 sedangkan nilai rata-rata postest sebesar 75,83. Kesimpulannya dalam penelitian ini yaitu bahwa hasil dari uji hipotesis dengan angka t-hitung 6,537 yang melebihi t-tabel yang hanya 1,697. Artinya hipotesis yang berbunyi Ada pengaruh antara penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Soneyan 01 Margoyoso Pati diterima.

Kata Kunci : Pre-Experimental Design, Jarimatika,hasil belajar.


Full Text: 391-401