Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA KELAS VI SDN REJOSARI 03 SEMARANG
Sinta Dinar Arika, Purwadi Purwadi, Intan Rahmawati

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku bergambar yang layak pada materi pengolahan data mata pelajaran Matematika kelas VI SD. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yaitu metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk tersebut. Teknik pengumpulan data awal dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitati dan deskriptif kuantitatif. Pengolahan data diambil dari validasi media, validasi materi, angket respon guru, angket respon siswa dan evaluasi hasil belajar. Validasi media dilakukan sebanyak 2 kali. Pada validasi tahap I didapatkan presentase kelayakan sebesar 45% dengan kriteria “Cukup Layak”, sedangkan pada validasi media tahap II didapatkan presentase kelayakan sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Layak”. Untuk validasi materi dilakukan sebanyak 1 kali dan didapatkan hasil 92,45% dengan kriteria “Sangat Layak”, sedangkan respon guru SDN Rejosari 03 Semarang sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan respon siswa SDN Rejosari 03 Semarang sebesar 96,90% dengan kriteria “Sangat Baik”. Untuk hasil belajar siswa saat pembelajaran Matematika menggunakan media pembelajaran buku bergambar Pengolahan Data di SDN Rejosari 03 Semarang diketahui 90,47% siswa berhasil mencapai nilai KKM. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran buku bergambar Pengolahan Data telah berhasil dalam pengembangan media dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di SDN Rejosari 03 Semarang. Produk akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran buku bergambar Pengolahan Data yaitu penyajian data matematika dalam bentuk tabel dan diagram yang memudahkan siswa untuk mengingat materi dalam pembelajaran Matematika kelas VI SDN Rejosari 03 Semarang.

Kata kunci: Pengembangan, Buku Bergambar, Pengolahan Data

This study aims to develop a decent picture book study media on the subject matter of data processing subjects of grade VI Mathematics. This research uses Research and Development (R & D) method that is used to produce certain product and test the feasibility of the product. Initial data collection techniques using interview techniques, observation and questionnaires. Data analysis techniques in this study using qualitative descriptive data analysis techniques and descriptive quantitative. Data processing is taken from media validation, material validation, teacher response questionnaire, student response questionnaire and evaluation of learning outcomes. Media validation is done twice. In the first phase of validation I got a feasibility percentage of 45% with the criteria "Fairly Worthy", while the media validation phase II obtained a feasibility percentage of 95% with criteria "Very Eligible". To validate the material done as much as 1 times and obtained 92.45% with the criteria of "Very Eligible", while the teacher response SDN Rejosari 03 Semarang 95% with criteria "Very Eligible", and student response SDN Rejosari 03 Semarang of 96.90% with the criteria "Very Good". For student learning outcomes when learning Mathematics using learning media pictorial book Data Processing at SDN Rejosari 03 Semarang known 90.47% of students managed to achieve the value of KKM. It shows that the learning media of Data Processing Picture book has been successful in media development and very feasible to be used as medium of learning in SDN Rejosari 03 Semarang. The final product of this research and development in the form of instructional learning media of Data Processing is the presentation of mathematical data in the form of tables and diagrams that make it easier for students to remember the material in learning of Mathematics class VI SDN Rejosari 03 Semarang.

Keywords: Development, Picture Book, Data Processing


Full Text: 307-312