Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA TER
Nuris Dwi Kurniasari, Mila Karmila, Suyitno Suyitno

Last modified: 2018-07-23

Abstract


ATujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Model Team Games Tournament Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Turirejo 01 Demak. Tipedari penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-eksperimental . sampel untuk penelitian ini adalah 26 dari 26 siswa kelas V SD Negeri Turirejo 01 Demak Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data berupa tes, dokumentasi, dan wawancara. hasil perhitungan dari kelas eksperimen dengan nilai t hitung (-19,845)> t tabel dk = 26 dengan taraf signifikansi 5%(1,708) jadiĀ  H1 diolak dan Ho diterima arinya terjad peningkatan hasil belajar menggunakan model team games tournament berbantu media ular tangga sebelum dan setelah perlakuan. hasil pengujian ketuntasan individu menyatakan bahwa 100% siswa dinyatakan tuntas dengan rata-rata hasil belajar 77,69.

Kata Kunci: Model TGT, Hasil Belajar, Ular Tangga.

The purpose of this research is to know the effectiveness of Team Games Tournament Model Assisted Snakes And Ladders Mediaon Student Learning Social Study Outcomes of Class V SD Negeri Turirejo 01 Demak. This type of research is experiment with pre-experimental design. The sample for this research is 26 from 26 students as populationof Class V SD Negeri Turirejo 01 Demak in Lesson 2017/2018. Data obtained from tests, documentation, and interviews. The calculation of learning result of the experimental class is t value (-19,845)> t table df = 26 with significance level 5%(1,708) so H1 is rejected and Ho accepted which proves increasing on grade V SD Negeri Turirejo 01 Demak learning outcomes by using team games tournament assisted snakes and ladders with 100% students reaching standard of minimum completness of mastery learning for elemntary school with mean value 77,69.

Keywords: TGT Model, Learning Outcomes, Snakes and Ladders.


Full Text: 277-289