Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MEDIA DAKON MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SAWAH BESAR 01 SEMARANG
Riza Nuzul Laila, Djoko Purnomo, Qoriati Mushafanah

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagai berikut (1) pembelajaran matematika yang masih bersifat deduktif, (2) obyek matematika yang bersifat abstrak, (3) pembelajaran berpusat pada guru, (4) prestasi belajar siwa masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan matematika realistik berbasis media dakon matematika terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Sawah Besar 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sawah Besar 01 Semarang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Data hasil analisis menunjukan bahwa: (1) terdapat kolerasi persepsi siswa dengan pendekatan matematika realistik berbasis media dakon matematika terhadap aktivitas belajar siswa, hal ini ditandai dengan adanya pengaruh positif antara persepsi siswa dengan aktivitas be;ajar siswa yaitu sebesar 89%, (2) terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang aktivitasnya tinggi dengan prestasi belajar siswa yang aktivitasnya rendah yang dibuktikan dengan hasil perhitungan diperoleh bahwa        =8,886728>          =2,05, (3) pendekatan matematika realistik berbasis media dakon matematika mencapai KKM, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan diperoleh bahwa siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal  sebesar 80% dan rata-rata prestasi belajar siswa lebih dari KKM.  Berdasarkan data hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berbasis media dakon matematika efektif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Sawah Besar 01 Semarang.

Kata Kunci: Pendekatan matematika realistik, media dakon matematika, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa.


Full Text: 234-244