Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MEDIA PAPER (PAPAN PERMAINAN) PADA PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE TEA PARTY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 1 SDN PEMARON 01 BREBES
Clarissa Vicky Fidela Cinta Salim, Joko Siswanto, Veryliana Purnamasari

Last modified: 2018-07-24

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh media PAPER pada model cooperative learning type tea party pada materi penjumlahan kelas 1 SDN 01 Pemaron 01 Brebes dilihat pada hasil belajar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Prestest Posttest Design.Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SDN 01 Pemaron 01 Brebes tahun pelajaran 2017/2018.Sampel yang diambil adalah 30 peserta didik kelas 1 dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji ketuntasan belajar, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji t yang diperoleh, hasil thitung = 9,179> ttabel = 2,042, maka sesuai rumusan hipotesis yang diujikan, H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya media Paper (Papan permainan) pada model cooperative learning type tea party berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Pemaron 01 Brebes. Dengan rata-rata pretest 54,6 dan rata-rata posttest 82,03.

Kata Kunci : Model Cooperative Learning Type Tea Party, Media PAPER, Hasil Belajar

This study aims to determine the influence of PAPER media on cooperative learning model of tea party type on the material of addition of class 1 SDN 01 Pemaron 01 Brebes Observation on the learning outcomes. This type of research is quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with the form of One Group Prestest Posttest Design. The study population was all students of SDN 01 Pemaron 01 Brebes in Lesson 2017/2018. The sample selected was 30 students of class 1 using Nonprobability Sampling technique. Data analysis techniques performed are normality test, completeness test of learning, and hypothesis test using t-test. Based on the results of t test obtained, the tcount = 9,179> ttable = 2.042, then according to the hypothesis formulation tested, H0 rejected and Ha accepted. Media means Paper (board game) on cooperative learning model type sensual tea party to the students learning outcomes class 1 SD Negeri 1 Pemaron 01 Brebes. With an average pretest of 54.6 and an average posttest of 82.03.

Keywords: Model Cooperative Learning Type Tea Party, PAPER Media, Learning Outcomes


Full Text: 599-605