Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGMULYO 02 KOTA SEMARANG
Destiyana Trispiyanti, Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti, Ari Widyaningrum

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Analisis Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri Sendangmulyo 02 Kota Semarang”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media  audiovisual dan mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan media audiovisual  pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, data-data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, tahapan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang yakni, sebelum memulai pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual, guru  menjelaskan materi pembelajaran tematik terlebih dahulu, kemudian kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan guru mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui tanya jawab terkait materi pembelajaran tematik, setelah itu guru memutarkan media audiovisual yaitu video pembelajaran. (2) Faktorfaktor yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan media audiovisual dalam pembelaran tematik siswa kelas V SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang yaitu  Guru mampu mengoperasikan media audiovisual, kemampuan peserta didik yang berbeda-beda dalam memahami materi yang membuat penggunaan media audiovisual ini menjadi langkah tepat bagi guru dalam memudahkan peserta didik memahami materi, tingkat kesukaran materi yang bervariasi membuat penggunaan media audiovisual dapat membantu memperjelas materi yang disampaikan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu LCD proyektor yang disediakan oleh pihak sekolah masih terbatas, pemadaman listrik secara mendadak, dan pengalokasian waktu. seiring perkembangan zaman guru dituntut untuk lebih meningkatkan kreatifitas dalam memilih, mendesain dan memanfaatkan media pembelajaran dalam setiap proses belajar mengajar, sehingga peserta didik akan termotivasi dalam belajar.

Kata kunci: media, media audiovisual, pembelajaran tematik

“Analysis of Audiovisual Media Usage In Thematic Learning of Grade V Students of SD Negeri Sendangmulyo 02 Kota Semarang”. Essay. Teacher Education Study Program Elementary School Faculty of Education Science University PGRI Semarang. University of PGRI Semarang. 2018. The purpose of this study is to describe the use of audio visual media and various supporting and inhibiting factors in using audiovisual media at the time of thematic learning of class V students of State Elementary School Sendangmulyo 02 Semarang. This research uses qualitative approach with qualitative descriptive method, data obtained from technique, interview, and documentation study, data analysis in the form of data reduction, data presentation, and verification / conclusion data.The result of the research revealed that (1) The use of audiovisual media in the thematic learning of class V students of SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang that is, before starting the learning by using audiovisual media, the teacher explained the learning material, and the activity done with the teacher for the active student. associated with thematic, after that the teacher plays audiovisual media that is learning video. (2) The factors that support and inhibit the use of audiovisual media in the thematic spreading of class V students of SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang is Master who mastered audiovisual media, the ability of different learners in using material that make audiovisual media Right for teachers in easy learners, the level of material difficulty that helps create audiovisual media can help clarify the material delivered. While the inhibiting factor is the LCD projector provided by the school is still limited, sudden power outages, and the allocation of time. As the development of teacher era is required to increase creativity in choosing, designing and utilizing learning media in every teaching and learning process, then the learners will be motivated in learning.

Keywords: media, audiovisual media, thematic learning


Full Text: 211-218