Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Time Games Tournament) BERBANTU MEDIA WONDERSHARE QUIZ CREATOR TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SD NEGERI PRAMPELAN SAYUNG DEMAK
Arina Ulvy Sarondah, Endah Rita Sulistya Dewi, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas IVB SD Negeri Prampelan Sayung Demak. Hal itu disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam menyelesaikan soal, sebelum siswa tersebut membacanya terlebih dahulu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) kurangnya minat peserta didik dalam mengerjakan soal latihan, (2) masih jarangnya penggunaan media pembelajaran Wondershare Quiz Creator, (3) kurangnya variasi guru dalam menggunakan model pembelajaran (4) hasil belajar belum mencapai KKM. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT (Time Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Prampelan Sayung Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran TGT (Time Games Tournament) berbantu media Wondershare Quiz Creator terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri Prampelan Sayung Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest Posttest Design. Data hasil analisis menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh motivasi siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Time Games Tournament) berbantu media Wondershare Quiz Creator terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Prampelan Sayung Demak, hal ini ditandai dengan adanya pengaruh positif antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa yaitu sebesar 66%, (2) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang motivasinya tinggi dengan hasil belajar siswa yang motivasinya rendah yang dibuktikan dengan hasil perhitungan diperoleh bahwa        =0,8318908>      =0,127, perbedaan hasil belajarnya adalah  88%. Kesimpulannya terdapat peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Time Games Tournament) berbantu media Wondershare Quiz Creator.

Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT, Media Wondershare Quiz Creator, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.


Full Text: 178-186