Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI BULUMULYO PATI
Tiana Tiana, Sukamto Sukamto, Wawan Priyanto

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan media ular tangga berbasis model teams games tournament terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Bulumulyo Pati. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk desain True Experimental Design yang digunakan adalah bentuk Pretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Bulumulyo dan SD Negeri Pecanggaan. Hasil penelitian diperoleh nilai posttest pada kelas control dengan rata-rata sebesar 64,48 dan nilai posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 86,77. Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar kelas control dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji t didapatkan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,861>2,004. Jadi nilai thitung> ttabel, sehingga hipotesis diterima.pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga berbasis model teams games tournament mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, sehingga efektif digunakan pada mata pelajaran IPA SD Negeri Bulumulyo Pati.

Kata Kunci : Keefektifan, Media Ular Tangga, Model Teams Games Tournament, Hasil belajar IPA

This study aims to determine and analyze the effectiveness of ladder snake media based on teams games tournament model of the fourth grade IPA SD Negeri Bulumulyo Pati. This research type is quantitative research with True Experimental Design design that used is Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this research is all students of class IV SD Negeri Bulumulyo and SD Negeri Pecanggaan. The result of this research is posttest value in control class with average of 64,48 and posttest value in experiment class with average of 86,77. Based on the analysis result of control class study and experimental class by using t test obtained t count is bigger than ttable that is 3,861> 2,004. So tcount> ttable, so the hypothesis is accepted. learning by using the ladder-based snake media teams games tournament model can improve student learning outcomes significantly, so effectively used in science subjects SD Negeri Bulumulyo Pati.

Keywords: Effectiveness, Snake Media Ladder, Model Teams Games Tournament, Science learning outcomes


Full Text: 171-177