Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA SAPUAN (SATUAN DAN PULUHAN) PADA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPETHINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 1 SDN 01 MOROREJO
Ervin Noviyanti, Joko Siswanto, Veryliana Purnamasari

Last modified: 2018-07-22

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 1 Mororejo. Nilai UTS siswa sebanyak 60% tidak memenuhi KKM. Hal ini disebabkan  kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang memperjelas konsep-konsep abstrak dalam pembelajaran Matematika. Permasalahan pada penelitian ini bagaimana keefektifan media pada model terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran MATEMATIKA siswa kelas 1 SD Negeri 1 Mororejo, Apakah media sapuan pada model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas 1 SD Negeri 1 Mororejo. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar keefektifan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran MATEMATIKA siswa kelas 1 SD Negeri 1 Mororejo, mengetahui seberapa besar keefektifan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas 1 SD Negeri 1 Mororejo. Desain metode penelitian Eksperimen. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan hasil pretest dan posttest, kontrol dan eksperimen yang sudah dilakukan. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa nilai         lebih kecil dari pada nilai        (0,032 ˂ 2) yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak. Perhitungan tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan media sapuan pada model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media sapuan pada model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa. Saran yang dapat disampaikan adalah supaya media sapuan pada model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) digunakan guru sebagai salah satu media pembelajaran dalam mengajar.

Kata Kunci: Model Cooperative Think Pair Share, Media Sapuan, Hasil Belajar.

The encouraging background of this study is the low level of student learning outcomes of grade 1 SD Negeri 1 Mororejo. Student UTS score of 60% does not meet KKM. This is due to the lack of use of models and instructional media that clarify abstract concepts in Mathematics learning. The problem of this research is how the effectiveness of media on the model to improve student learning outcomes in learning MATHEMATICS grade 1 students of SD Negeri 1 Mororejo, whether the sweeping media on cooperative model type Think Pair Share (TPS) can improve learning outcomes for students of grade 1 SD Negeri 1 Mororejo. The purpose of this research is to know how big the effectiveness of Think Pair Share (TPS) model of co-operative model to improve student learning outcomes in MATH lesson 1st grade students of SD Negeri 1 Mororejo, to know how much effectiveness of Think Pair Share (TPS) cooperative model can improve learning outcomes for 1st grade student of SD Negeri 1 Mororejo. Design of Experimental method. The results showed an increase in student learning outcomes that can be seen based on pretest and posttest results, controls and experiments that have been done. This has been proven in hypothesis testing, which states that the value of t_hitung is smaller than t_table value (0,032 ˂ 2) which means H0 is accepted and Ha is rejected. The calculation shows that there are differences in student learning outcomes after using the sweeping media in the Think Pair Share (TPS) cooperative model in teaching and learning activities that have been done. So it can be concluded that the learning by using the sweeping media on the model of cooperative type Think Pair Share (TPS) effective on student learning outcomes mathematics. Suggestions that can be delivered is that the sweeping media on the model of cooperative type Think Pair Share (TPS) is used by teachers as one of the learning media in teaching.

Keywords: Cooperative Think Pair Share Model, Sweeping Media, Learning Outcomes.


Full Text: 111-117