Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENERAPAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 KENTENG
Muhamad Nuroni

Last modified: 2018-07-22

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Kenteng. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media kartu domino terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Kenteng. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan media kartu domino dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menentukan luas dan keliling bangun datar. Jenis penelitian ini adalah eksperimenĀ  menggunakan desain Pre Experimental Design, One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 1 Kenteng tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil pretests dan posttes menunjukan bahwa persentase klasikal pretets (0%) sedangkan pada persentase klasikal posttes (75%), serta berdasarkan hasil uji t-tes diketahui thitung > ttabel (11,076 > 1,729) dapat disimpulkan ada perbedaan secara efektif bahwa penerapan media kartu domino pada model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi menentukan luas dan keliling bangun datar kelas V SDN 1 Kenteng. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah, supaya media kartu domino dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas.

Kata kunci: media kartu domino, hasil belajar.

The background that encourages research is the low learning outcomes of students of grade V SDN 1 Kenteng. The formulation of this research problem is how the influence of domino card media on the results of students learning grade V SDN 1 Kenteng. The purpose of this study to determine the effect of application of domino card media in improving student learning outcomes on the material determine the area and circumference of the flat wake. This type of research is an experiment using Pre Experimental Design design, One Group Pretest-Posttest Design. The study population was all students of SDN 1 Kenteng in the academic year 2017/2018. Samples taken are 20 students class V. Data in this study obtained through observation, interviews, tests, and documentation. The result of pretests and posttes shows that the percentage of classical pretet (0%) while on the percentage of classical posttest (75%), and based on the result of t-test is known thitung> ttable (11,076> 1,729) it can be concluded there is difference effectively that application of domino card on the talking stick learning model has an effect onthe mathematics learning result of the material to determine the area and circumference of the class V SDN 1 Kenteng. Based on the results of this study suggestions that can be delivered is, so that the domino card can be used by teachers in the process of teaching and learning in the classroom.

Keywords: domino card media, learning outcomes.


Full Text: 48-54  |  48-54