Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA TRAVEL GAME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI UNGARAN 02
Herlina Putri Tungga Dewi, Agung Handayanto, Eka Sari Setianingsih

Last modified: 2018-07-22

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Teams Games Tournament berbantu media Travel Game terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Ungaran 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk PreEksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ungaran 02 tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil analisis terhadap motivasi belajar matematika siswa yang dihitung menggunakan Uji-t dengan jumlah= 31 siswa dengan rata-rata pretest = 46,38 dan post-test = 82,87 diketahui berdasarkan perhitungan diperoleh t-hitung sebesar -13,617 sedangkan t-tabel 1,697 dengan db N-1= 31-1=30, dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 1,697  karena t-hitung < t-tabel yaitu 13,617 < 1,697 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament berbantu media Travel Game efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Ungaran 02.

Kata kunci : Hasil Belajar, Teams Games Tournament, Keefektifan

This study aims to determine the effectiveness of Teams Games Tournament model of Travel Game media to the results of learning mathematics of fourth grade students of SD Negeri Ungaran 02. This research type is quantitative research in the form of PreExperimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design design. The population of this research is all students of class IV SD Negeri Ungaran 02 year lesson 2017/2018. Samples taken were all students of class IV that amounted to 31 students using Nonprobability Sampling technique in the form of saturated sampling. The result of the analysis on the students' mathematics motivation was calculated using t-test with the number = 31 students with pretest average = 46,38 and post-test = 82,87 known based on the calculation obtained t-count equal to -13,617 while t-table 1,697 with db N-1 = 31-1 = 30, with a significant level of 0.05 of 1.697 because t-count < t-table is -13.617 <1.697 then H0 is rejected and Ha accepted. So the learning model using Teams Games Tournament assisted Travel Game media effectively to improve the results of learning mathematics students of class IV Elementary School Ungaran 02.

Keywords: Learning Outcomes, Teams Games Tournament, Effectiveness


Full Text: 20-30