Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TEMA 8 TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA 3 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SAWAH BESAR 02 SEMARANG
Shilkha Kamilatunnisa

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan media pembelajaran video tutorial interaktif berbasis pendekatan saintifik tema 8 tempat tinggalku subtema 3 terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sawah Besar 02 Semarang. Media video tutorial interaktif berbasis pendekatan saintifik didalamnya memuat tentang materi pembelajaran, video cerita pendek dan soal interaktif yang dibuat dengan desain yang menarik sehingga mampu meningkatkan minat belajar siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini meneliti hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Ekperimental Design dengan desain Only Posttest Control Grup. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa kelas A sebagai kelas kontrol dan 20 siswa kelas B sebagai kelas ekperimen. Data analisis menggunakan statistik diskriptif dan uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan thitung = 10,766 dan ttabel =  1,374. Karena thitung > ttabel sebesar 10,766 > 1,374 maka Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada kefektifan yang signifikan media video tutorial interaktif berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sawah Besar 02 Semarang.

Kata kunci : Hasil Belajar, Media Video Tutorial Interaktif, Pendekatan Saintifik.

 

Abstract

This research purposes to understand and analyze the effectiveness of interactive tutorial video learning media based on scientific theme 8 my living place sub-theme 3 towards the learning results of 4th grade students in SDN Sawah Besar 02 Semarang.  Interactive tutorial video learning medium based on scientific theme consists of learning materials, short story video, and interactive questions made with interesting design that is able to increase learning interest and ease the students in understanding learning materials. This research observes cognitive, affective, and psychomotoric learning results. This research is quantitative research in True Experimental Design form with Only Posttest Control Group design. Samples of this research are 20 students of class A as the control class and 20 students of class B as the experiment class. Analysis data used is descriptive statistic and right side t test. According to the result of the t test, it can be understood with significance level α = 0,05 with thitung = 10,766 and ttabel =  1,374. Because thitung > ttabel is 10,766 > 1,374 so the Ho is accepted. Therefore, it can be concluded that there is a significant effectiveness in interactive tutorial video learning medium based on scientific theme towards the learning results of 4th grade students in SD Sawah Besar 2 Semarang.

Key Words : This research observes, video learning media, based on scientific


Full Text: PDF