Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBANTU MEDIA “VIRAL” TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SDN SENDANGMULYO 02 SEMARANG
Vicca Puspa Dewi, Harto Nuroso, Arfilia Wijayanti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang keefektifan pendekatan konstruktivisme berbantu media “Viral” (Video Interactive Learning) terhadap hasil belajar IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen melalui pendekatan kuantitatif, model penelitian yang digunakan adalah desain non equivalent control grup design. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis ketuntasan klasikal kelompok eksperimen diketahui harga thitung lebih besar dari ttabel (7,542 > 1,689) dengan persentase ketuntasan 91%. Sedangkan hasil analisis pada kelas kontrol diketahui harga thitung lebih kecil dari ttabel (0,464 < 1,693) dengan persentase ketuntasan 64%.Disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan konstruktivisme berbantu media “Viral” (Video Interactive Learning) siswa dapat mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya hasil uji t terhadap hasil belajar  harga thitung lebih besar dari ttabel (4,737 > 2,000). Perbedaan hasil belajarnya adalah 12%.Hal ini ditarik kesimpulan bahwa terdapat keefektifan terhadap hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme berbantu media “Viral” (Video Interactive Learning).

Kata kunci: Konstruktivisme, media Viral, hasil belajar.

 

Abstract

This study aimed to describe effectiveness of constructivism approach with “Viral” (Video Interactive Learning) media on sains learning outcomes. The method used in this study was an experimental research with a quantitative approach, the model used in this research is the non equivalent control group design. And the results showed that of the result of analysis classical mastery experimentsis known price was greater than t table (7.542 > 1.689) with percentage of mastery 91%. While the result of analysis in the control class is known price was smaller than t table (0.464 < 1.693) with percentage of mastery 64%. Concluded that through constructivism approach with “Viral” (Video Interactive Learning) media student can achieve mastery learning. The next t test result of learning outcomes price was greater than t table (4.737 > 2.000). Differences in learning outcomes is 12%. It was drawn a conclusion that there is a effectiveness on student sains learning outcomes by using constructivism approach with “Viral” (Video Interactive Learning) media. Keywords: constructivism, Viral media, learning outcomes.


Full Text: PDF