Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA WAYANG KERTAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KAUMAN JEPARA
Anissa Anggun Saraswati

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Kauman Jepara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menyimak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah media wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas V SD Negeri Kauman Jepara mata pelajaran bahasa Indonesia materi menyimak? Apakah melalui media wayang kertas ketuntasan nilai bahasa Indonesia siswa SD Negeri Kauman Jepara tentang Menyimak mencapai 75%? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian dari rumusan masalah yang telah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V semester I SD Negeri Kauman Jepara dan dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus dilaksanakan dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Jumlah siswa kelas V SD Negeri Kauman Jepara 34 orang, setelah dilaksanakan pembelajaran diketahui bahwa keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus berikutnya. Meningkatnya hasil belajar siswa didukung dengan adanya lembar observasi keterampilan berbicara siswa, hasil lembar observasi keterampilan berbicara siswa pada siklus I yaitu 61,31 % pada siklus II yaitu 84,02%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media wayang kertas pada mata pelajaran bahasa indonesia dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Kata kunci : Keterampilan berbicara, media wayang, Bahasa Indonesia

 

ABSTRACT

This research is based on the low level of speaking skills of grade V students of SD Negeri Kauman Jepara on the subjects of Bahasa Indonesia. The formulation of the problem in this research is whether the media of puppet paper can improve the speaking skill of the students of Grade V of SD Negeri Kauman Jepara, the subjects of Bahasa Indonesia of listening material? Is through the media puppet paper mastery of the Indonesian language value of elementary students Kauman Jepara about Listening to reach 75%? The purpose of this research is to know the achievement of the formulation of the problem that has been determined. This research is a classroom action research on the first semester students of SD Negeri Kauman Jepara and implemented in two cycles, each cycle is implemented in planning, implementation, observation and reflection stage. The number of students of grade V of SD Negeri Kauman Jepara 34 people, learning is known that students' speaking skills have improved from Cycle I to the next Cycle.  The increase of students' learning result is supported by the observation sheet of students' speaking skill, the result of students' speech observation sheet in cycle I is 61,31% in the second cycle that is 84,02%. Based on the results of this study suggestions that can be delivered is that the media puppet paper on Indonesian language subjects can be used as an alternative to improve students' speaking skills.

Keywords: Speech skills, media wayang, Bahasa Indonesia


Full Text: PDF