Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NHT BERBANTUAN TANGRAM PUZZLE TERHADAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Bella Ayu Febriyanti, Henry Januar Saputra, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif NHT Berbantuan Tangram Puzzle Terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Tlogosari Kulun 05 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan jenis pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 42 siswa kelas V A 22 siswa dan kelas V B 20 siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, wawancara, dan angket. Hasil analisis akhir dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3,174 pada taraf signifikan = 5%, dengan dk = 40 maka harga ttabel =2,021. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel yaitu  3,174> 2,021. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perolehan ketuntasan belajar perorangan dalam kelompok eksperimen V A pada saat pretest yaitu 9 siswa tuntas dari 22 siswa dengan presentase 40,9% dan nilai rata-rata 57,1, sedangkan di kelas V B dengan 7 siswa yang tuntas  dari 20 siswa dengan persentase 35% dan nilai rata-rata 55,4. Sementara  pada saat posttest dalam kelas eksperimen yaitu 20 siswa tuntas dari 22 siswa dengan presentase 90,9% dan nilai rata-rata 80, sedangkan di kelas V B dengan 14 siswa yang tuntas dari 20 siswa dengan persentase 70% dan nilai rata-rata 64, kerjasama pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan sebesar 59% setelah diberi perlakuan meningkat menjadi 81%. sedangkan pada kelas kontrol dari 47% berubah menjadi 49%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan Tangram Puzzle ada pengaruh terhadap kerjasama dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang.

Kata Kunci : Model Pembelajaan Kooperatif NHT, Tangram Puzzle, Kerjasama, Hasil Belajar, Matematika

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to know whether or not the influence of cooperative learning model of NHT with Tangram Puzzle on the cooperation and learning result of class V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang. This type of research is quantitative research in the form of True Experimental Design with type of pretest-posttest control group design. The population of this research is all students of class V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang academic year 2016/2017. Samples taken were 42 students of class V A 22 students and class V B 20 students by using Random Sampling technique. The data in this study were obtained through tests, documentation, interviews, and questionnaires. Result of final analysis by using t test, it is known that tcount of 3,174 at significant level = 5%, with dk = 40 then ttable price = 2,021. This shows that thitung> ttable is 3,174> 2,021. Then Ho is rejected and Ha accepted. Obtained complete learning of individuals in the VA experimental group at the time of pretest that is 9 students completed from 22 students with a percentage of 40.9% and an average score of 57.1, while in VB class with 7 complete students from 20 students with 35% percentage and The average value is 55.4. While at the posttest in the experimental class that is 20 students completed from 22 students with 90.9% percentage and average value 80, while in class VB with 14 students completed from 20 students with percentage 70% and average value 64, Cooperation in the experimental class before being treated by 59% after treatment was increased to 81%. While in the control class of 47% changed to 49%.  so that It can be concluded that cooperative learning model of NHT-assisted Tangram Puzzle influence on cooperation and learning outcomes of Mathematics students of class V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang.

Keywords: NHT Cooperative Relocation Model, Tangram Puzzle, Cooperation, Learning Outcomes, Mathematics


Full Text: PDF