Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARANTPSTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PEDURUNGAN LOR 01 SEMARANG
Putri Ayu Dahlia

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Peneliti ini dilatar belakangi oleh perubahan kurikulum 2013. Dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan media yang menarik minat belajar siswa.Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah hasil belajar menggunakan model think pair share berbantu video tutorial interaktif berbasis pendekatan scientific lebih baik  dari pada hasil belajar siswa dengan model konvensional?, (2) bagaimana persepsi siswa terhadap model think pair share berbantu video tutorial interaktif berbasis pendekatan scientific lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan model konvensional? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model think pair share berbantu video tutorial interaktif berbasis pendekatan scientific lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan model konvensional, (2) untuk mengetahui persepsi siswa terhadap model think pair share berbantu video tutorial interaktif berbasis pendekatan scientific lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang yaitu 27 siswa kelas IVA dan 27 siswa kelas IVB.Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Hasil dari nilai posttest pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 74,518 dan nilai posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 80,074.Berdasarkan hasil penelitian H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di beri perlakuan dengan model think pair share berbantu video tutorial berbasis pendekatan scientific lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran konvensional.Ketuntasan Belajar Individu pada kelas eksperimen sebesar 88% dan presentase Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 89%. Dari hasil penelitian angket persepsi siswa, rata-rata siswa menyukai model dan media yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan penelitian dan pembahasan, saran yang perlu disampaikan adalah dalam proses pembelajaran kurikulum 2013 hendaknya guru menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik siswa untuk belajar.

Kata Kunci : Pengaruh, Model Think Pair Share, Video Tutorial, Scientific, Hasil                         Belajar.

 

ABSTRACT

The researcher is based on the curriculum change of 2013. In the process of learning the teacher has not used the varied learning model and the media that interest student learning. The problems in this research are (1) whether the learning result using think pair share model is interactive video tutorial based on scientific approach Better than the student learning outcomes with conventional  model ?, (2) how is the perception of students to think pair share model is interactive video tutorial based on scientific approach better than student learning outcomes with conventional model? The objectives to be achieved in this research are (1) to know the result of learning using think pair share model assisted interactive video tutorial based on scientific approach better than student learning result with conventional model, (2) to know student perception to think pair share model Aided interactive video tutorial based on a better scientific approach than student learning outcomes with conventional models.The type of this research is experiment. Population in this research is all fourth grade students of SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang that is 27 students of class IVA and 27 students of grade IVB. The research design used is Posttest Only Control Design. The result of the posttest value in the control class with an average of 74.518 and the posttest value in the experimental class with an average of 80.074.Based on the results of research H0 rejected, so it can be concluded that the student learning outcomes are given treatment with think pair share model assisted video tutorial Based on the scientific approach is better than the student learning outcomes that are given conventional learning model. Student Learning Completeness in the experimental class of 88% and percentage of Exhaustiveness of Classical Learning by 89%. From the results of the questionnaire of student perceptions, the average student liked the model and the media applied by the teacher. Based on research and discussion, suggestions that need to be submitted is in the process of learning curriculum 2013 teachers should use learning models and learning media that attract students to learn.

Keywords: Influence, Think Pair Share Model, Video Tutorial, Scientific, Learning Outcomes


Full Text: PDF