Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
Keefektifan Pembelajaran IPA Menggunakan Model Screamble Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Plajan
Nike Sawitri Widyaningrum

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA menggunakan model Screamble  terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Plajan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Plajan pada kelas VA dan VB yang berjumlah masing-masing 20 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design tipe PretestPostest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu  uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan Hasil penelitian diperoleh nilai posttest pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 70,25 dan nilai posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 84,5. Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji t didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (3,092>2,024). Jadi nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Ketuntasan Belajar Individu sebesar 84,5% dan presentase Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 95%. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model Screamble lebih efektif meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Plajan.

Kata Kunci : Keefektifan, Model Screamble, Hasil Belajar.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effectiveness of science learning using Screamble model on the results of students' learning in grade V SD Negeri 3 Plajan. This research was conducted at SD Negeri 3 Plajan in VA and VB class which amounted to 20 students each. The research design used is quantitative research in the form of True Experimental Design type Pretest-Postest Control Group Design. Data analysis techniques used are normality test, homogeneity test and t test. Based on the result of this research, the posttest value in the control class with the average is 70,25 and the posttest value in the experimental class with the average is 84,5. Based on result of analysis from result of learning of control class and experiment class by using t test obtained t calculate bigger than ttable (3,092> 2,024). So the value of tcount> ttable, so H0 rejected and Ha accepted means students' learning outcomes subjects IPA material light properties in the experimental group is higher than the control group. Completed Learning Individual at 84.5% and percentage of Exhaustiveness of Classical Learning by 95%. Thus it is concluded that through the Screamble model more effectively improve the learning outcomes of science students of grade V SD Negeri 3 Plajan.

Keywords: Effectiveness, Screamble Model, Learning Outcomes


Full Text: PDF