Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA KOTAK LALAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 01 TURUNREJO KENDAL
Sulistyo Aji, Sukamto Sukamto, Eka Sari Setianingsih

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

`Penelitian ini dilatar belakangi Permasalahan pembelajaran di kelas III SD Negeri 1 Turunrejo Kendal yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang mata pelajaran Matematika khususnya pada materi bilangan bulat, hasil belajar siswa rendah, belum diterapkannya model dan media pembelajaran. Hal itu terbukti pada saat diadakan ulangan harian tentang materi bilangan bulat lebih rendah dari pada pokok bahasan lain pada mata pelajaran Matematika dan hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai KKM dengan nilai KKM adalah 65. Upaya yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas empat yaitu dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantu kotak lalat. Model pembelajaran make a match berbantu kotak lalat yaitu model pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered) dan guru hanya berperan sebagai mitifator dan fasilitator. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Hasil analisis dengan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel = 11,936 < 2,045. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima berarti model pembelajaran make A match berbantu media kotak lalat efektif terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 01 Turunrejo Kendal.

Kata kunci: make a match, Kotak lalat, hasil belajar matematika

 

ABSTRACT

This research is motivated by learning problems in four grade SD Negeri 1 Turunrejo Kendal which is lack of students understanding about mathematics subjects especially on the material integers, low student learning outcomes, and applied learning model yet. This is evident when the daily re-examination of the material integers creatures lower than other subjects on mathematics subjects and student learning outcomes are still many who have not reached the standart minimum criteria with the value is 65. Efforts made by researchers to improve the result of student learning of the third grade that is by applying Learning make a match model aided kotak lalat. Learning make a match model aided kotak lalat  is studentcentered learning model (Student Centered) and teacher only acts as a miterator and facilitator. Design research using Quasi Experimental Design form Pretest-Posttest Control Group Design. Analyzed result with ttest and obtained tcount value of 11.936 and ttable of 2.045 means the value of tcount > ttable thus H0 rejected and Ha accepted means of learning model make a match aided kotak lalat effective toward science learning outcomes grade 3 SD N 1 Turunrejo Kendal.


Full Text: PDF