Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU BERBANTU VIDEO TUTORIAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD
Faizatul khoiriyah

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagai berikut: (1) Siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, (2) Guru dalam menyampaikan materi pelajaran belum menggunakan model atau media pembelajaran.Oleh karena itu, mencoba memberikan alternatif dengan menggunakan model pembelajaran tari bamboo berbantu video tutorial dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakanteknik sampling cluster sampling. Data dalam penelitian ini adalah hasil posttest.Desain penelitian menggunakan true experimental design tipe posttest control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis uji t satu pihak didapat thitung > ttabel yaitu 3,087132> 1,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tari bambu berbantu video tutorial dengan pendekatan saintifik mempunyai keefektifan terhadap hasil belajar siswa. Perolehan ketuntasan  belajar kelas eksperimen lebih banyak peserta didik yang tuntas hasil belajarnya yaitu 24 peserta didik dengan presentase ketuntasan 80% dan rata-rata 80,13. Sedangkan pada kelas kontrol didapat 21 peseta didik yang tuntas hasil belajarnya dengan persentase ketuntasan 70% dan rata-rata 73,2.

Kata kunci: Keefektifan, Hasil belajar, tari bamboo

 

Abstract

This research is based on the following: (1) Students tend to be passive in following learning activities, (2) Teachers in delivering the subject matter have not used the model or learning media. Therefore, try to provide an alternative by using bamboo dance learning model video tutorial with a scientific approach. The type of this research is experiment using sampling cluster sampling technique. The data in this study is the result of posttest. The research design uses true experimental design type posttest control group design. The data collection tool used is a multiplechoice form test. Based on the analysis of t test one party obtained thitung> ttable that is 3.087132> 1.7. Thus it can be concluded that the learning model of bamboo dance aided video tutorial with scientific approach has effectiveness to student learning outcomes. Obtained complete learning experimental class more learners who complete the learning outcomes of 24 students with 80% completeness percentage and 80.13 average. While in the control class obtained 21 peseta students who complete the study with percentage mastery 70% and average 73.2.

Keywords: effectiveness, learning outcomes, bamboo dance


Full Text: PDF