Last modified: 2018-03-12
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan keefektifan media Flipchart melalui model Accelerated Learning terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 02Duren Banjarnegara tahun 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan selama 6 pertemuan, dimana setiap pertemuan selama 70 menit.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,wawancara, tes, dan dokumentasi.Dengan desain Pre Experimental Design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Flipchart melalui model Accelerated Learning efektif terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar IPA Kelas V SDN 02 Duren Banjarnegara 2016/1017
Kata kunci: media Flipchart, model Accelerated Learning, kemampuan komunikasi, hasil belajar, IPA
Abstrack
This research aim to know the effektivenes of using Flipchart media throught Accelerated Learning model in comunication skill and learning result student of fifth grade in SDN Duren Banjarnegara 1016/1017. This research clsifed in quantitative research. This research held in 6 meeting, which is the time of every meeting is 70 minutes. The collective data in this reseaach are observation, interview, test, and dokumentation. With a Pre Experimental Design in the form One Group Pretest-Posttest Design.The result of this research show that using Flipchart media throught Accelerated Learning model is effective in communicationskull and learning result of IPA in SDN Duren Banjarnrgara 2016/2017.
Key word: media Flipchart, Accelerated Learning model, communication skill, learning result, IPA.