Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTU CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 4 BAE KUDUS
Ayu Dwika Cahyani

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantu CD Interaktif Efektif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 4 Bae Kudus?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantu CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 4 Bae Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 4 Bae Kudus, dimana SD 4 Bae Kudus kelas IV terdapat 2 kelas yaitu kelas IV A dan kelas IV B dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil analisis data penelitian kriteria dengan derajat kebebasan=35 dan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai ttabel=2,03. Setelah dilakukan perhitungan uji t pihak kanan diperoleh nilai thitung=2,187. Karena diperoleh nilai thitung>ttabel atau 2,187>2,03 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu CD interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas IV SD 4 Bae Kudus. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu CD interaktif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Kata Kunci: Model pembelajaran Team Assisted Individualization,CD interaktif, Hasil belajar.

 

Abstract

The problem in this research is "Is the Learning Model of Assisted Individualization Team Assisted Interactive CD Effective on Student Learning Result of 4th Grade Students of SD 4 Bae Kudus?". The goal to be achieved in this research is to know the effectiveness of Learning Assisted Individualization Model Assisted Interactive CD on Student Learning Outcomes of 4th Grade Elementary School 4 Bae Kudus. This type of research is quantitative research in the form of True Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group. The population of this research is fourth grade students of SD 4 Bae Kudus, where SD 4 Bae Kudus class IV there are 2 class that is class IV A and class IV B by using saturated sampling technique. The result of analysis of research data criteria with degrees of freedom = 35 and 5% significant level then obtained ttable value = 2.03. After the calculation of t test the right side obtained tcount = 2.187. Because obtained tcount> ttable or 2.187> 2.03 then H0 rejected and Ha accepted, so it can be concluded that the learning model Assisted Individualization Team assisted interactive CD effective to improve the results of learning mathematics for fourth grade students 4 Bae Kudus. Based on the results of this study suggestions that can be delivered is that the learning model Assisted Individualization Team assisted interactive CD can be used as an alternative teacher in teaching.

Keywords: Team Assisted Individualization learning model, interactive CD, Learning outcomes.


Full Text: PDF