Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA ULANG TEKS DENGARAN SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SAMBONG BANJARNEGARA
Widhya Imanda Putri, Rahmat Rais, Suyitno Suyitno

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya keterampilan menulis cerita ulang teks dengaran siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan keterampilan menulis siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran boneka tangan pada materi menulis cerita dongeng kelas II SDN 1 Sambong Banjarnegara dilihat pada ketuntasan belajar dan hasil keterampilan menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain penelitian praeksperimental yaitu one grup pretest-posttest design. Sampel yang diambil adalah 17 siswa kelas II. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil analisis berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih besar dari ttabel   (13,07> 1,74). Kesimpulannya bahwa media pembelajaran boneka tangan efektif terhadap keterampilan menulis cerita ulang teks dengaran siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah supaya media pembelajaran boneka tangan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Kata kunci: media boneka tangan, menulis, cerita.

 

Abstract

The encouraging background of this research is the lack of resurrection skills of students' texts. This is due to the lack of effective learning in optimizing students' writing skills. The objectives to be achieved in this research is to know effectiveness of hand puppet learning media on storytelling material of class II fairy tale SDN 1 Sambong Banjarnegara seen in mastery learning and result of writing skill of Indonesian language. This type of research is quantitative research in the form of pre-experimental research design that is one group pretest-posttest design. The sample taken is 17 students of class II. The data in this research is obtained through test, documentation, observation and interview. The result of analysis based on the result of t test is known tcount is bigger than ttable (21,749> 1,739). The conclusion is that puppet pupil learning media is effective against the skills of rewriting text stories by students. Based on the results of this study, suggestions that can be delivered is that the puppet puppet learning media can be used as an alternative teacher in teaching. Keywords: media hand puppets, writing, stories.

 


Full Text: PDF