Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SEKOLAH DASAR
Desti Lusiana Sari, Ratna Wahyu Pusari, Sunan Baedowi

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstak

Penelitian ini dilatar belakangi karena pada pembelajaran IPA materi daur air siswa masih mengalami kesulitan, khususnya pada kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut ditandai bahwa pada umumnya anak-anak kesulitan dalam implementasi IPA dalam kehidupan  sehari-hari, siswa kurang mampu memahami materi pelajaran karena masih mengutamakan hafalan sehingga siswa tidak terbiasa menggunakan daya nalarnya. Kurangnya pemahaman siswa disebababkan karena guru kurang menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran. Pembelajaran menggunakan model CTLberbantu media interaktif adalah salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan  model CTL berbantu media interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran daur air kelas V SDN Medini 01 Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk PreExperimental Designs dengan desain One grup Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 25 siswa. Data dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t, diketahui hasil thitung>ttabel yaitu 5,915 > 2,060  pada taraf signifikan 5%. Kesimpulannya bahwa adanya pengaruh dalam penggunaan model CTL berbantu media interaktif terhadap  kemampuanberpikir kritis kelas V SDN Medini 01 Demak.

Kata Kunci: model pembelajaran CTL, media Interaktif, kemampuan berpikir kritis.

 

Abstract

This research is background because in science learning the water cycle of students still experience difficulties, especially on critical thinking ability. It is characterized that in general children difficulties in the implementation of IPA in everyday life, students are less able to understand the subject matter because it is still prioritizing rote so that students are not accustomed to using the power of reason. Lack of student understanding is caused because teachers are less use of learning models and learning media. Learning using the CTL model helps interactive media is one of the right solutions to improve critical thinking skills. This study aims to determine the effectiveness of CTL model assisted interactive media to critical thinking skills on learning V class water cycle SDN Medini 01 Demak. This type of research is experimental research of Pre-Experimental Designs with Pretest-Posttest Design group design. The sample of this research is 25 students. Data were analyzed using t test. Based on the result of t test, it is known that thitung> ttable is 5,915> 2,060 at 5% significant level. The conclusion is that there is an influence in the use of CTL model of interactive media aid to the critical thinking skill of class V SDN Medini 01 Demak.

Keywords: CTL learning model, Interactive media, critical thinking ability.

 


Full Text: PDF