Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA POP UP CAHAYA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Arintia Ayu Nastiti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berawal dari hasil wawancara yang dilakukan di SDN Rejosari 03 Semarang, SDN Bugangan 03 Semarang dan SD Muhammadiyah 04 Semarang. Peneliti menemukan informasi bahwa permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA. Guru masih menggunakan metode ceramah yang diselingi tanya jawab sehingga minat belajar siswa kurang. Kurangnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan mengembangkan media Pop Up Cahaya pada pembelajaran IPA yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pengembangan dan Penelitian (R&D) dan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Rejosari 03 Semarang sebanyak 44 siswa, SDN Bugangan 03 Semarang  36 siswa dan SD Muhammadiyah 04 Semarang sebanyak 21 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari angket ahli media, angket ahli materi, angket tanggapan guru, angket tanggapan siswa, dan hasil nilai pretest-posttest. Hasil analisis pada ahli media sebesar 95% sangat layak, ahli materi sebesar 94% sangat layak, angket tanggapan guru sebesar 91% sangat layak dan angket tanggapan siswa sebesar 97% sangat layak. Hasil analisis nilai pretest-postest di SD N  Rejosari 03 Semarang yang awalnya nilai rata-rata pretest sebesar 50 menjadi 80 dengan selisih peningkatan sebesar 30 atau 60%, SD N Bugangan 03 Semarang yang awalnya nilai rata-rata pretest sebesar 53 menjadi 84 dengan selisih peningkatan sebesar 31 atau 58% dan di SD Muhammadiyah 04 Semarang yang awalnya nilai rata-rata pretest sebesar 48 menjadi 81 dengan selisih peningkatan sebesar 33 atau 68%. Hasil N Gain sebesar 0,6 yaitu menunjukkan kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa media Pop Up Cahaya mampu memudahkan siswa dalam memahami materi sifat-sifat cahaya dan meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya untuk siswa kelas V SD.

Kata kunci: Media Pop Up Cahaya, Pengembangan

 

Abstract  The beginning of this research is the result of interviews that have been done at SDN Rejosari 03 Semarang, SDN Bugangan 03 Semarang and SD Muhammadiyah 04 Semarang. The researcher found informations about the problem that occured in learning process was the lack of student understanding in Science learning process. Then, the teacher still used lecture method that interspersed question and answer so that, student lack in learning interest, and the last problem is the school is lack of facility to support the learning process. The purposes of this research are to find the characteristics and develop media of Light Pop Up in Science learning that fulfill the valid criteria, practical dan effective for V grade elementary student. Method of this research is research and development or R&D and applied ADDIE procedure model (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). The subject of this research are 44 students from SDN Rejosari 03 Semarang, 36 students of SDN Bugangan 03 Semarang and 21 students of SD Muhammadiyah 04 Semarang. This data of the research was acquired from questionnaire of media experts, questionare of material experts, questionare of teachers respond, questionnare of students respond and the result score of pretest – posttest. The result of analysis by media experts are 95% in very good categorized, result of analysis by material experts are 94% in veru good categorized, from questionnare of teachers respond are 91% in very good categorized and from questionnare of students respond are 97% in very good categorized. Then, the result of the analysis of pretestposttest score at SDN Rejosari 03 Semarang at the start the mean of pretes is 50 and increase into 80 with difference is 30 or 60%, the mean of the pretest of SDN Bugangan 03 Semarang at the start is 53 and increase to 84 with the different is 31 or 58% and at SD Muhammdiyah 04 Semarang that have mean of the pretest from 48 increase to 81 with the difference is 33 or 68%. The result N-Gain is 0,6 categorized in medium. The result show that light Pop Up media can make the students easier to understand the material about the characteristics of light and increase the students learning result also can use as Science learning media of characteristics of light to V grade elementary school students.

Keyword: Media Pop Up Cahaya, development


Full Text: PDF