Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTU MEDIA RODA KEBERUNTUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI KELAS V MATA PELAJARAN IPA SD NEGERI TLOGOSARI KULON 05 SEMARANG
David Aryajati, Ratna Wahyu Pusari, Joko Sulianto

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran take and give berbantu media roda keberuntungan dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Tlogosari Kulon 05.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif desain Quasi Experimental Design dengan Nonquivalent Control Design. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menggunakan uji t dua pihak diperoleh hasil thitung sebesar 6.284 dengan ttabel sebesar 2.021 jadi nilai thitung> ttabel sehingga Ha diterima.Artinya ada perbedaan peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Take and Give berbantu media roda keberuntungan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Take and Give berbantu media roda keberuntungan. Dan hasil rata-rata postest keterampilan berkomunikasi dari hasil kelas 72.363 dan hasil kelas eksperimen sebesar 83.8. Menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih baik daripada nilai rata-rata kelompok kontrol. Untuk menjawab hipostesisnya dikatakan efektif maka dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji ketuntasan keterampilan berkomunikasi dan diperoleh thitung = 10.58 dan ttabel = 2.093 Karena thitung > ttabel, maka H0 diterima. Jadi pembelajaran menggunakan model Take and Give berbantu media Roda Keberuntungan efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa kelas V SD Negeri Tlogosari Kulon 05 Semarang.

Kata kunci: model pembelajaran Take and Give, keterampilan berkomunikasi, IPA

 

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of take and give learning model assisted media wheel of luck in improving the skills of communicating class V science subjects SD Negeri Tlogosari Kulon 05. This research is experimental research using quantitative approach Quasi Experimental Design design with Nonquivalent Control Design. Research data obtained through observation, questionnaires and documentation. Based on the results of data analysis research using t test two parties obtained tcount of 6,284 with ttable  of 2,021 so tcount> ttable  so Ha  is accepted. This means that there is a difference in the improvement of students' communication skills using the Take and Give lecture learning model of media wheel of luck with those who do not use the learning model of Take and Give aided media wheel of luck. And the result of posttest average communication skill from result class 72.363 and experiment class result equal to 83.8. Indicates that the average value of the experimental group is better than the average value of the control group. To answer the hypostesis is said to be effective then calculated by using the test of communication skills skill and obtained tcount = 10.58 and ttable = 2.093 Because tcount> ttable, then H0 accepted. So learning using Take and Give model of media wheel of luck is effective in improving communication skill of grade V SD Negeri Tlogosari Kulon 05 Semarang.

Keywords: Take And Give Learning Model, Communication Skill, Sains


Full Text: PDF