Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD
Muh Hidayatus Sofian, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Aries Tika Damayani

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penerapan Media Media Puzzle terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan media puzzle pada mata pelajaran PKn terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Tlogosari Kulon 6 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain yang akan digunakan dalam penelitian adalah True Experimental Design dengan jenis Posttest-Only Control Design. Desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Kelompok pertama diberi perlakuan (X) dan yang lain tidak. Kelompok yang diberi perlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 68,8sedangkan nilai rata-rata posttest siswa sebesar 85,5. Persentase hasil belajar siswa menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM pada hasil pretest sebesar 70,4%. Hasil Posttest jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 88,9%. Pengujian hipotesis menentukan bahwa nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” lebih besar daripada nilai ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (3,0271> 1,7056) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: Media pembelajaran, Puzzle, PKn SD

ย 

Abstract

Application of Media Media Puzzle to Learning Outcomes of Civics Students of Grade V Elementary School. This study aims to determine and analyze the application of media puzzle media on Civics subjects to the results of students learning class V in SDN Tlogosari Kulon 6 Semarang. This type of research is quantitative research, the design to be used in research is True Experimental Design with Posttest-Only Control Design type. These designs contain two groups of each chosen randomly (R). The first group is treated (X) and the other is not. The treated group is called the experimental group and the untreated group is called the control group. The average value of pretest of students is 68,8 while the average posttest score of students is 85.5. The percentage of student learning outcomes shows the number of students who reached the KKM on the pretest result of 70,4%. Posttest result number of students reaching KKM equal to 88,9%. Testing the hypothesis suggests that the value of ๐‘ก โ„Ž ๐‘– ๐‘ก ๐‘ข ๐‘› ๐‘” is greater than the value of ๐‘ก ๐‘ก ๐‘Ž ๐‘ ๐‘’ ๐‘™ย (3.0271> 1.7056) which means H0 rejected and Ha accepted.

Keywords: learning media, puzzles, PKN


Full Text: PDF