Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU MEDIA PIECE PAPER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI 3 PLADEN KUDUS
Nurul Fadlilah, Ary Susatyo Nugroho, Khusnul Fajriyah

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dikarenakan model pembelajaran yang diajarkan oleh guru kurang bervariasi sehingga siswa menjadi pasif, selain itu dalam kegiatan pembelajaran kurang disertakan media pembelajaran yang membuat siswa tidak aktif dan bersemangat dalam belajar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design.ย  Berdasarkan hasil analisis data penelitian sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran CTL berbantu media piece papersebanyak 60% siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal, sedangkan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran CTL berbantu piece paper sebanyak 85% siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal.Perhitungan nilai hasil belajar pretest dan posttest terdapat berbedaan, pada nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada pretest yaitu 81>58,6.Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 22,4.Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diketahui hasil ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” lebih besar dari ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu5,544>2,039 pada taraf signifikan 5%.Kesimpulannya bahwa model pembelajaran CTL berbantu media piece paper efektifmeningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan SD Negeri 3 Pladen Kudus.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Piece Paper, Hasil Belajar, Pecahan

Abstract

This research is motivated by the low learning result of mathematics of the students because the learning model that is taught by the teacher is less varied so that the students become passive, beside that in the lesson activity is included the instructional media that make the students are not active and eager in learning. This type of research is quantitative research in the form of Pre Experimental Design with the design of One Group Pretest-Posttest Design. Based on the results of analysis of research data before being treated by using learning model of CTL assisted piece piece paper as much as 60% of students reach the completeness of classical learning, while after being treated by using the learning model of CTL assisted piece paper 85% of students achieve mastery learning classical. The calculation of pretest and posttest learning result value is different, on posttest average value greater than pretest that is 81> 58,6. The difference between the pretest and posttest mean values is 22.4. This is evident in the final analysis by using the t-test known t_hitung greater than t_tabelyaitu 5.544> 2.039 at a significant level of 5%. The conclusion that the learning model of CTL assisted by a piece of paper is effective in improving student learning outcomes in the fractional material of SD Negeri 3 Pladen Kudus.

Keywords: Contextual Learning Teaching and Learning (CTL) Model, Media Piece Paper, Learning Result, Fractions

ย 


Full Text: PDF