Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN PANDEAN LAMPER 01 SEMARANG
A’isatul Munawaroh Kusyari, Sutrisno Sutrisno, Diana Endah Handayani

Last modified: 2018-03-12

Abstract


AbstrakLatar belakang yang mendorong penelitian ini adalah nilai siswa dibawah KKM diperoleh dari 36 siswa sebanyak 9 siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 68, sedangkan  sisanya ada 27 siswa nilainya dibawah KKM. Hal ini juga dikarenakan proses pembelajaran guru belum maksimal menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh metode demonstrasi berbantu media wayang kartun terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas II SDN Pandean Lamper 01 Semarang?.Tujuan yang penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi berbantu media wayang kartun terhadap hasil belajar menyimak siswa kelas II SDN Pandean Lamper 01 Semarang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Pandean Lamper 01 Semarang tahun pelajaran 2016/2017.Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas II dengan menggunakan teknik Nonprobability sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil analisis terhadap keterampilan menyimak siswa yang dihitung menggunakan Uji-t dengan jumlah= 36 siswa dengan rata-rata pretest =59,81 dan posttest = 77,35 diketahui berdasarkan perhitungan diperoleh t-hitung sebesar 7,15 sedangkan t-tabel 1,71 dengan db N-1= 36-1=35, dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 1,71  karena t-hitung > t-tabel yaitu 7,15 > 1,71 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode demonstrasi berbantu media wayang kartun berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas II SDN Pandean Lamper 01 Semarang. Maka peneliti menyampaikan saran agar metode demonstrasi berbantu media wayang kartun tetap dapat diterapkan pada pembelajaran, karena metode ini dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.Kata kunci :Metode demonstrasi, wayang kartun, ketermapilan menyimakAbstractBackgrounds encourage research this is the students under kkm obtained from 36 students as many as 9 students who were eligible a score of above criteria minimal ( kkm the 68 , while the rest is 27 students value under kkm. It is also because the learning teachers not maximum uses the learning creative and innovative. Problems this research is how the influence of a method of a demonstration with puppet cartoons media of the results of study Indonesian Language to their students class II SDN Pandean Lamper 01 Semarang?. The purpose of this study is to find the influence of a method of a demonstration  puppet cartoons media of the results of students learn his class II SDN Pandean Lamper 01 Semarang. The kind of research this is research quantitative the form of pre-eksperimental design to a draft one-group pretest-posttest design. Population this research is all students class II SDN Pandean Lamper 01 Semarang years lessons 2016 / 2017. Samples to be taken is all students class II with using a technique nonprobability sampling shaped sampling saturated. The analysis of skill his students who calculated use of uji-t by the number of = 36 students with an average pretest = 59,81 and posttest = 77,35 known based on the calculation of obtained t-count of 7.15 while t-tabel 1,71 with db n-1 = 36-1 = 35, with the economic situation of significant 0.05 of 1,71 because t-count > t-tabel namely 7.15 > 1,71 so H0 were rejected and Ha accepted. So that it can be said that method demonstration with puppet cartoons media influential of the results of study Indonesian Language to their students class II SDN Pandean Lamper 01 Semarang. Then the researcher convey suggestions to make a method of a demonstration with puppet cartoons media could still applied to learning, because this method can create learning fun.Keywords: method demonstration, puppet cartoons, skills scrutinize

Full Text: PDF