Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TAI BERBANTUAN MEDIA RAINBOW HOLE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Umy Zulfa

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Permasalahan dari penelitian ini adalah (1) kemampuan penalaran matematis siswa yang masih rendah. (2) Model pembelajaran yang dilaksanakan kurang menarik. (3) Penggunaan media pembelajaran kurang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan berbantuan media rainbow hole. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Eksperimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD N Karang Rejo Juwana Pati. Sampel yang diambil adalah 58 siswa kelas IIA dan IIB dengan menggunakan teknik Probability Sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Berdasarkan uji T dua sampel diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 2,777 dengan ๏ก = 5% dan dk = 56 diperoleh ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,003. Karena ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ maka ๐ป0 ditolak dan ๐ป๐‘Ž diterima, sehingga terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol.

Full Text: PDF