Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPSSISWA KELAS II SDN KEDUNGMUNDU SEMARANG
Diyah Seftiana

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas II SDN Kedungmundu Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IIA dan IIB SDN Kedungmundu Semarang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan desain penelitian true experimental design dengan bentuk posttest-only control design dengan jenis sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data dari posttest menggunakan uji-t diperoleh = 4,235. Dari daftar distribusi t dengan db= 60-2= 58 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh = 2,001. Karena kriteria pengujian > maka diterima. Maka dapat di ambil kesimpulan bahwa Model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasl belajar IPA siswa kelas II SDN Kedungmundu Semarang.

Full Text: PDF