Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS II SD SUPRIYADI SEMARANG
Dewi Kartikasari, Singgih Adhi Prasetya

Last modified: 2018-08-14

Abstract


penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar IPS siswa kelas II SD Supriyadi Semarang. Penulisan ini merupakan penulisan dengan bentuk penulisan Posstest Only Control Design. Populasi penulisan ini yaitu seluruh siswa kelas II B dan kelas II D SD Supriyadi Semarang, sampling dalam penulisan berjumlah 60 siswa yang diambil dengan teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Berdasarkan hasil penulisan diperoleh data dari nilai posttest analisis tahap akhir dengan uji-t diperoleh thitung = 3,232. Dari daftar distribusi t dengan db = 60-2 = 58 dan taraf siginifikan 5% diperoleh ttabel = 2,001. Karena kriteria pengujian thitung > ttabel maka Ha diterima. Maka dapat di ambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Student facilitator and explaining berpegaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas II SD Supriyadi Semarang.

Full Text: PDF