Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEPATESI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SDN PEDURUNGAN LOR 01 SEMARANG
Arika Safitri

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Teams Games Tournament berbantuan mepatesi (media papan teka-teki silang) terhadap prestasi belajar IPA kelas V di SDN Pedurungan Lor 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V, dengan jumlah siswa kelas V A sebanyak 40 siswa dan siswa kelas V B berjumlah 41 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 dengan teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis random sampling. Berdasarkan perhitungan uji t dua pihak diperoleh thitung= 2,621. Dari daftar distribusi t dengan dk = n1 + n2 - 2 = 41+40-2=79. Dengan dk = 79 taraf kesalahan 5%, maka ttabel1,66. Karena thitung>ttabel (2,621>1,66) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh metode Teams Games Tournament berbantuan mepatesi terhadap prestasi belajar IPA kelas V SDN Pedurungan Lor 01 Semarang. Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi khususnya menggunakan metode Teams Games Tournament sebagai salah satu alternatif dalam mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text: PDF