Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA BUKU PINTAR PADA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Denny Rico Wibowo, Joko Sulianto, Ari Widyaningrum

Last modified: 2018-08-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Media Buku Pintar pada Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SDN 01 Mlilir Kecamatan Gubug. Jenis penelitian ini menggunakan true eksperimental design dengan bentuk prettest dan posttest design, subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 0I Mlilir Kecamatan Gubug. pada sampel penelitian adalah 20 Siswa kelas II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai kelas pretest 56, 50 sedangkan kelas posttest dengan rata-rata 77, 05. Data pretest dan posttest ditunjukan dengan thitung > ttabel yaitu 6,652 > 1,729 Berdasarkan KKM yang ditentukan sekolah yaitu 65. Rata-rata yang diberikan perlakuan dengan menggunakan media buku pintar pada pembelajaran kontekstual yaitu 77.05 telah mencapai KKM. Maka terdapat perbedaan hasil belajar Matematika dengan menggunakan Media Buku Pintar pada pembelajaran kontekstual pada siswa kelas II SD Negeri 01 Mlilir.

Full Text: PDF