Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI GETASBLAWONG
Oktaviana Pangesthika Widya Sari, Intan Rahmawati, Ervina Eka Subekti

Last modified: 2018-03-15

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa. Guru juga menjelaskan bahwa pada saat penyampaian materi kadang merasa kesulitan dan lebih menekankan pembelajaran dengan metode ceramah serta Tanya jawab saja. Oleh sebab itu,hasil belajar siswa kurang memuaskan yaitu masih berada di bawah KKM (72). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model  Index Card Match terhadap  hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian siswa kelas II SD Negeri Getasblawong. Desain penelitian eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data normalitas tahap awal pretest diperoleh L0 = 0,137 < Ltabel = 0,173 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Begitupula dengan hasil analisis data normalitas tahap akhir posttest diperoleh L0 = 0,150 < Ltabel = 0,173 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Selanjutnya perhitungan uji t terhadap hasil belajar diperoleh t hitung = 14,429 > t tabel = 2,012 maka Hi diterima. Hal ini berarti hasil belajar Matematika Siswa kelas II SDN Getasblawong mencapai KKM 72 dan hasil perhitungan ketuntasan belajar siswa di kelas mencapai lebih dari 80 %.

Full Text: PDF